Populi Center: Publik Nilai Prabowo Subianto Jadi Menteri dengan Kinerja Paling Positif

16
2022-9-19_Menhan Prabowo Subianto memberikan pengarahan kepada Tim Survey Pendugaan Air Tanah di Wilayah NTB & Meninjau Kegiatan Perkuliahan di Unhan_Prabowo Subianto_HAM
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (SirOnline/Tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline.id – Lembaga penelitian Populi Center merilis survei nasional yang memotret penilaian pemerintah terhadap tiga tahun kinerja Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin, Rabu (26/10).

Selain memuat penilaian terkait sepakterjang kepemimpinan Jokowi yang mencakup tata kelola pemerintahaan hingga masalah yang menjadi tantangan, survei tersebut juga mengungkap dinamika politik menjelang Pemilu 2024.

Melansir keterangan resmi yang diterima redaksi SirOnline, menjelang pemilu 2024, sejumlah nama tokoh telah muncul dan disebut akan mengisi kursi kepemimpinan yang baru. Beberapa nama yang dinilai potensial adalah mereka yang sedang atau pernah menduduki jabatan publik.

“Dan karenanya, penting untuk melihat bagaimana evaluasi masyarakat terhadap kinerja beberapa tokoh tersebut berdasarkan posisinya masing-masing,” tulis keterangan tersebut.

Dari sejumlah tokoh yang dievaluasi kinerjanya secara terpisah, Prabowo Subianto menempati posisi pejabat publik dengan penilaian positif paling tinggi ketimbang nama lain. Perannya sebagai Menteri Pertahanan dinilai baik dengan perolehan suara sebanyak 76,1 persen.

Baca: Jelang 2024, Gerindra Targetkan Lampaui Suara Pemilu 2019

Setelah nama Ketua Umum Partai Gerindra tersebut, ada nama Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta yang memperoleh suara 70,9 persen. Setelah itu ada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menempati posisi ketiga dengan angka 69,1 persen.

Melibatkan 1200 responden dari 34 Provinsi di Indonesia, Populi Center menyelenggarakan survei nasional tersebut mulai tanggal 9 hingga 17 Oktober 2022. (un)