Aspen Medical Indonesia dan Tridaya Group Dukung Pengembangan Fasilitas Kesehatan Internasional di Kawasan Indonesia Timur

150

 

PT Aspen Medical Group Indonesia (Aspen Medical), perusahaan penyedia solusi perawatan kesehatan resmi mengumumkan kerja sama dengan PT Tridaya Group pada Senin, 25 Maret 2024. Penandatanganan kerja sama dilakukan dalam rangka menghadirkan jaringan fasilitas kesehatan berstandar internasional di kawasan Indonesia Timur.

CEO Aspen Medical di Indonesia, Dr. Andrew Rochford, dan Direktur Grup Tridaya, William Gosal, menandatangani perjanjian disaksikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI), Airlangga Hartarto; Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin yang diwakilkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Andi Saguni, MA; dan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM. Penandatanganan ini juga merupakan kelanjutan target dari Aspen Medical yang saat ini dalam proses awal konstruksi Rumah Sakit Aspen Depok di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Menteri Airlangga menyambut baik kemitraan yang dilakukan Aspen Medical dan Tridaya Group. “Pengembangan fasilitas kesehatan berstandar internasional sangat dibutuhkan untuk kawasan Indonesia Timur. Pemerintah senantiasa berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan dan pembangunan fasilitas kesehatan yang dapat berdampak positif bagi peningkatan kesehatan dan perekonomian Indonesia,” ungkapnya.

Tujuan utama kerja sama adalah membangun jaringan fasilitas kesehatan rumah sakit dan klinik Aspen Medical di kawasan Indonesia Timur. Langkah ini merupakan kelanjutan dari Proyek Infrastruktur Rumah Sakit Aspen Medical di Jawa Barat dan menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan hasil pertemuan antara Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia, Anthony Norman Albanese, saat acara G20 yang diselenggarakan di Bali pada 2022.

Proyek ini juga merupakan wujud nyata kemitraan antara Indonesia-Australia yang tertuang pada Program Kerja Sama Ekonomi dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement Economic Cooperation Program/IA-CEPA ECP).

Dr. Andrew Rochford menyampaikan komitmen untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghadirkan perawatan kesehatan yang lebih baik. “Bagi kami, upaya ini sangat penting dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam sektor kesehatan, di antaranya peningkatan dalam akses layanan kesehatan, perluasan akses ke lebih banyak peralatan diagnostik, dan penyediaan layanan kesehatan dengan standar internasional.”

Pernyataan senada disampaikan William Gosal. Pihaknya menyebut Tridaya Group mengapresiasi kolaborasi untuk pembangunan fasilitas kesehatan di Indonesia Timur dan berterima kasih atas dukungan penuh yang diberikan pemerintah Indonesia.

Rencana pengembangan proyek jaringan rumah sakit dan klinik Aspen Medical mengusung konsep layanan terpadu dengan keunggulan kelas dunia untuk memberikan perawatan kesehatan dengan kualitas standar internasional yang komprehensif di satu tempat kepada semua masyarakat. “Harapan kami, proses pengembangan fasilitas kesehatan ini dapat berjalan dengan lancar sehingga Indonesia Timur dapat segera menikmati layanan fasilitas kesehatan berstandar internasional,” tutur Menteri Airlangga. (*)