PRPS Inisiasi Kunjungan Hashim Djojohadikusumo ke Pondok Pesantren Suryabuana

307
Hashim S. Djojohadikusumo saat kunjungan ke Pondok Pesantren (ponpes) Suryabuana di Magelang
Hashim S. Djojohadikusumo saat kunjungan ke Pondok Pesantren (ponpes) Suryabuana di Magelang

Jakarta, SirOnline.id – Deklarasi Presidium Relawan Prabowo Subianto (PRPS) telah dilakukan Maret lalu dan kini dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan strategis yang mendukung pergerakan pemenangan capres Prabowo Subianto. Kunjungan ke Pondok Pesantren (ponpes) Suryabuana oleh Pelindung PRPS Hashim S. Djojohadikusumo merupakan langkah awal PRPS untuk menjalin hubungan yang harmonis dan saling memberikan manfaat di antara kedua belah pihak. Hashim merasa tergugah dan tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang diskusi kebangsaan yang merupakan kegiatan rutin ponpes.

“Saya seorang Nasrani tapi ini tidak menyurutkan niat saya untuk datang dan berkenalan dengan pimpinan ponpes Suryabuana, Kanjeng Syeh Sirrulloh, dan para santri/santriwati, sekaligus meninjau ponpes dan terlibat langsung dalam diskusi kebangsaan yang rutin diadakan di sini. Prinsip yang menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air dan diperkuat dengan pengetahuan agama menjadikan kita warga negara yang mumpuni. Para santri/santriwati yang dimodali dengan nilai-nilai ini saya percaya dapat menjaga bangsa dan negara dari pengaruh yang buruk,” ucap Hashim S. Djojohadikusumo.

Sebagai adik kandung dari Prabowo Subianto dan Wakil Pembina Partai GERINDRA, Hashim juga menyampaikan bahwa penguatan nilai kebangsaan di antara kaum muda adalah salah satu pokok pemikiran dan prinsip yang menjadi perhatian besar capres Prabowo Subianto, kerena pemuda merupakan bagian penting dari masyarakat Indonesia. Mereka berperan dalam membentuk masa depan bangsa. Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional BPS pada Maret 2022 sebanyak 68,82 juta jiwa penduduk Indonesia masuk kategori pemuda. “Oleh karena itu, pemuda perlu terlibat dalam berbagai aktivitas untuk mengembangkan potensi diri dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” kata Hashim.

Ponpes Suryabuana, yang menjadi ponpes pertama yang dikunjungi Hashim pada 2023 ini terletak di Balak, sebuah dusun terpencil yang jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota. Dusun ini terletak di lereng Gunung Balak, sebuah bukit kecil yang berada di desa Losari, kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, 15 km arah timur dari kota Magelang. Dalam melaksanakan kegiatan dan misinya, Ponpes Suryabuana berada di bawah Yayasan Bakti Umat dan merupakan pusat kegiatan tarekat Qodiriyyah Wa Naqsabandiyyah yang menyelenggarakan Manakib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang dihadiri jamaah dari berbagai wilayah seperti Kab. Magelang, Salatiga, Demak dan lain-lain.

Sesepuh dan pendiri ponpes Suryabuana Kanjeng Syeh Sirrulloh adalah putra dari Said bin Muhtar dan menantu dari Kyai Ahmad, yang mengikuti mengambil pelajaran zikir dari Pangersa Abah Anom (Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya) serta mengamalkannya sehingga turut membantu Kanjeng Syeh Sirrulloh mengembangkan Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah.

Salah satu kegiatan utama ponpes adalah pengajian dan diskusi mingguan dan bulanan setiap hari Sabtu dengan jumlah peserta ratusan hingga ribuan jamaah. “Nilai-nilai kebangsaan dan kemanusian tidak perlu dipertentangkan dengan nilai keagamaan, baik itu Islam maupun agama lain. Nilai Islam yakni perdamaian itu selaras dengan nilai kebangsaan yang juga promosikan perdamaian dan persatuan,” ungkap Kanjeng Syeh Sirrulloh. Ia juga menyampaikan rasa sukacita dengan kehadiran Hashim S. Djojohadikusumo selaku adik dari capres Prabowo Subianto untuk menerima aspirasi dari ponpes. Diskusi di ponpes yang bertajuk “Mencari Sosok Pemimpin Adil Menuju Kebangkitan Indonesia” memiliki makna dan harapan besar untuk kelangsungan dan kekokohan NKRI di kemudian hari.

Penggagas PRPS dan juga Ketua Umum organisasi relawan Pandu Garuda Merah Putih (PGMP), yang ditemui di acara ini, Meiky Parwanti, menyampaikan sukacita dan rasa bangga sekaligus haru dengan direalisasikannya pertemuan antara Hashim S. Djojohadikusumo dan Kanjeng Syeh Sirrulloh. “Kedatatangan Bapak Hashim ke ponpes Suryabuana adalah jawaban untuk menindaklanjuti keinginan utusan dari ponpes yang mewakili Kanjeng Syeh Sirrulloh untuk menyampaikan pesan pribadinya kepada Bapak Prabowo beberapa saat lalu, yang diterima dengan sangat baik oleh keluarga Bapak Prabowo. PGMP sebagai salah satu organisasi relawan yang dinaungi PRPS hanya menjembatani dan menjaring aspirasi suara rakyat pendukung Prabowo. “Kami berharap komunikasi antara keluarga dan pendukung Prabowo bisa terus terjalin dan dijaga sinergitasnya melalui program-program solutif pasca pertemuan ini,” lanjut Meiky.

“Kami sadar akan pengaruh para pemimpin agama pada pemilihan presiden di Indonesia. Masyarakat perlu mendapatkan arahan yang tepat dengan memberikan informasi yang memadai, dan juga dengan bukti-bukti yang kongkret tentang sepak terjang masing-masing calon di pilpres 2024. Capres Prabowo Subianto, tokoh yang kami usung menjawab tantangan-tantangan di negeri ini dan sudah membuktikan kesetiannya dalam mewujudkan persatuan, keadilan dan kebangkitan bangsa kita,” jelas Mitra Vinda, Koordinator dan Penasihat PRPS.

Saat ini di PRPS sudah terhimpun lebih dari 20 simpul relawan dari seluruh Indonesia dan ke depannya diharapkan akan lebih banyak lagi yang akan bergabung dengan semangat perjuangan yang sama. (des)