Nikmati Proses, Rein Vidya Banafsha Berhasil Lulus Kedokteran Unpad di Usia 19 Tahun

270
Rein Vidya Banafsha
Rein Vidya Banafsha yang berhasil lulus Kedokteran Unpad di usia 19 Tahun. (Sumber: Instagram @reinvidya)

Jakarta, SirOnline.id – “Lumayan susah belajar di FK, kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua,” begitulah kata Rein Vidya Banafsha, wisudawan termuda yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), Selasa, (7/6) lalu.

Rein seperti dikutip dari Detik, Sabtu, (11/6) menjadi wisudawan termuda di usia 19 tahun 4 bulan, setelah sebelumnya juga tercatat sebagai mahasiswa termuda di Unpad dengan usia masih 15 tahun. Dia berhasil lulus dalam kurun waktu hanya 3,5 tahun sejak mulai kuliah di Unpad pada tahun 2018 silam melalui jalur SBMPTN.

Rein mengatakan apa yang diraihnya ini berkat perjuangannya selama ini, sejak di bangku SMP Rein telah mengikuti kelas akselerasi atau percepatan di SMPN 5 Tasikmalaya dan berhasil lulus dalam kurun waktu 2 tahun. Lalu, ia masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, kembali mengikuti kelas akselerasi dan lulus dalam 2 tahun.

Pada awalnya, Rein merasa ragu dan memiliki mindset kalau berkuliah di Kedokteran pasti berat, apalagi ditambah dengan kondisi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 yang cukup berpengaruh. Menurutnya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kuliah tatap muka dengan daring, terlebih saat praktikum, jadi hal ini membuatnya harus pintar-pintar mengatur waktu termasuk saat mengerjakan tugas di rumah.

Baca: KSAD Luncurkan Buku Loper Koran Jadi Jenderal

“Karena praktik online, jadi kurang mengerti. Lebih menempel kalau offline,” kata Rein.

Kendati demikian, Rein tidak patah semangat. Ia bahkan berhasil lulus lebih cepat dan menjadi wisudawan termuda di Unpad. Ia mengaku triknya adalah harus menikmati semua proses rintangan tiap detik tanpa mengeluh.

Setelah ini, Rein akan melanjutkan Pendidikan Profesi Kedokteran untuk meraih gelar dokternya. Ia sudah mantap memilih pendidikan Spesialis. (rr)