Survei Populi Center: Tren Masyarakat terhadap Prabowo Naik , Elektabilitas Salip Anies

26
Survei
(Sumber: Populi Center)

Jakarta, SirOnline.id – Populi Center merilis survei terbaru roadmap politik 2024. Dalam beberapa hasil kategori survei yang dirilis pada Senin (13/2) itu, tren dukungan kepada Prabowo Subianto terus naik dan mengindikasikan kepercayaan masyarakat semakin besar.

Misal, dalam kategori akseptabilitas 13 tokoh nasional angka masyarakat yang tahu dan suka terhadap Prabowo Subianto cenderung naik dari periode Maret 2022-Februari 2023.

Dalam survei tersebut, pada Maret 2022 sekitar 78,3 persen suara responden masyarakat yang tahu atau kenal dan menyukai Prabowo. Lalu, pada Februari 2023, angka tersebut naik menjadi sekitar 80,5 persen suara.

Lalu, dalam kategori elektabilitas calon presiden, Prabowo berada di urutan kedua yang dipilih masyarakat sebagai presiden apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini dengan suara 17,1 persen alias hanya beda sekitar 2,7 persen dari Ganjar Pranowo yang menempati urutan pertama dengan suara 19,8 persen.

Kemudian, dalam kategori simulasi empat tokoh calon presiden, Prabowo mendapat 28,4 persen suara di urutan kedua setelah Ganjar yang mendapat 32,2 persen suara. Dan di urutan ketiga, ditempati Anies yang memperoleh 17,6 persen suara dan urutan keempat Ridwan Kamil dengan 15,6 persen suara.

Sementara itu, hasil berbeda diperoleh saat tim Populi Center tidak memasukkan nama Ganjar dalam simulasi empat tokoh bakal capres. Posisi Ganjar pada kategori survei ini digantikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Hasilnya, Prabowo tetap mendapat suara tinggi dan jadi pemenang.

Baca: 64 Ketua Kelompok Relawan Jokowi Jabar dan Puluhan LSM, Ormas, Ponpes Dukung Prabowo Presiden 2024

Prabowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih masyarakat dengan 41,8 persen suara, disusul Ridwan 28,1 persen suara, Anies 21,9 persen suara, dan Puan dengan angka yang paling buncit, yaitu hanya 8,6 persen.

Pada simulasi ketiga, jika nama Puan dihilangkan dan hanya terdapat tiga calon presiden, nama Prabowo tetap dominan. Hasilnya, Prabowo mendapat 34,4 persen suara dibandingkan Ridwan Kamil yang menempati urutan kedua dengan 27,6 persen suara dan Anies 23,7 persen suara.