Epidemiolog Minta Pemerintah Tetapkan KLB Gagal Ginjal Akut

84
disease
Ilustrasi anak yang sakit. (Sumber: iStock)

Jakarta, SirOnline.id – Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman meminta pemerintah segera menetapkan kasus ginjal akut pada anak sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Desakan ini muncul di tengah melonjaknya jumlah kematian akibat penyakit tersebut.

Dicky menilai, kebijakan penanganan gagal ginjal akut pada anak sebaiknya tidak didomonisasi pertimbangan politik ekonomi. Menurutnya, pemerintah harus fokus pada kesehatan masyarakat.

Jika tidak kunjung menentukan kebijakan, lanjut Dicky, ia pun meragukan komitmen pemerintah yang menyebabkan kematian lebih dari 100 anak di Indonesia tersebut. Ia mengatakan, upaya penanganan sejauh ini menjadi sulit karena tidak ada status KLB.

“Jadi, ada banyak hal yang harus diinvestigasi menyeluruh dan itu lah sebabnya penetapan KLB, dalam artian bentuk tanggung jawab pemerintah,” kata dia.

Baca: Harus Tahu, Fakta Di balik Pelarangan Obat Sirup

Selain itu, Dicky juga menyampaikan perlu investigasi lebih dalam terkait mengapa baru akhir-akhir ini obat sirop ditemukan mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).  (un)