Shin Tae-yong: Jika Ketua Umum PSSI Mundur, Saya Juga Mundur

16
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong menyatakan akan mundur jika Iwan Bule mundur melalui akun instagram pribadinya. (Sumber: instagram/shintaeyong7777)

Jakarta, SirOnline.id – Dunia sepakbola Indonesia kembali terkejut. Belum tuntas pengusutan Tragedi Kanjuruhan, kini pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan akan mundur jika Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mundur sebagai Ketua Umum PSSI.

Pernyataan keinginan mundur Shin Tae-yong dilontarkan melalui unggahan instagram pribadinya buntut dari banyak pihak yang mendesak Iwan Bule dan pengurus PSSI mundur lantaran dinilai bertanggungjawa atas insiden yang menewaskan lebih dari 100 supporter sepakbola usai laga Arema FC dan Persebaya SUrabaya di Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober lalu.

“Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI,” ujar Shin Tae-yong.

“Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggungjawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri,” tambahnya.

Shin Tae Yong beralasan, sebagai satu tim dia merasa bertanggungjawab atas kerja sama yang dijalin dengan PSSI.

“Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama,” tutur Shin Tae-yong.

Menurutnya, kesuksesan Timnas Indonesia sejauh ini tidak lepas dari peran Mochamad Iriawan sebagai Ketua PSSI.

“Kita adalah 1 tim. Sepak bola tidak bisa sukses jika hanya (karena) performa 11 pemain inti saja yang bagus, bukan juga hanya staf pelatih saja yang bagus, kita bisa mencapai kesuksesan ketika semuanya menjadi satu tim mulai dari pemain inti, pemain cadangan, staf pelatih, official, semua karyawan federasi termasuk Ketua Umum,” ungkapnya.

Unggahan pernyataan Shin Tae-yong sontak menimbulkan banyak komentar warganet. Tak sedikit dari mereka mempersilakan mantan Pelatih Korea Selatan itu segera meninggalkan pos pelatih Timnas Indonesia.

Pelatih berusia 52 itu ramai jadi sasaran hujatan warganet karena terkesan membela Iwan Bule yang didesak untuk rela mundur dari kursi ketua umum PSSI.

Baca: KontraS: Kejanggalan Tragedi Kanjuruhan, Aparat Dikerahkan Serentak di Pertengahan Babak Kedua

Tagar #STYOut bahkan menggema di media sosial. Warganet seolah tak percaya dengan sikap Shin Tae-yong yang dianggap kurang menghormati insiden Tragedi Kanjuruhan.

Melansir CNN Indonesia, Kamis (13/10), padahal, sebelum unggahan tersebut muncul, nama Shin Tae-yong dipuja banyak pihak. Ia dinilai mampu membawa Timnas Indonesia kembali pada rel yang benar. Meski perlahan, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-19 melangkah ke putaran final Piala Asia yang akan berlangsung tahun depan. Selain itu, ranking FIFA Indonesia juga terus naik sejak dilatih Shin Tae-yong. (un)