DPR Fraksi Gerindra Desak Pemerintah Evaluasi Keamanan Siber

15
Fadli Zon
Anggota Komisi I DPR Fraksi Gerindra, Fadli Zon. (Sumber: instagram/fadlizon)

Jakarta, SirOnline.id – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon mendesak pemerintah segera melalukan evaluasi total terhadap koordinasi antar lembaga untuk menjaga keamanan siber negara. Hal itu disampaikan Fadli terkait bocornya data sejumlah instansi pemerintah oleh hacker bernama Bjorka.

“Harus ada evaluasi total soal keamanan siber dan koordinasi antar lembaga. Jangan saling lempar tanggung jawab,” ujar Fadli, dikutip dari fraksigerindra.id, Selasa (13/9).

Fadli menyebut sangat menyayangkan kejadian tersebut. Menurutnya, kebocoran data yang ada menunjukkan kelemahan pemerintah dalam menjaga keamanan siber negara.

“Kebocoran ini menandakan keamanan siber kita masih amatiran. Bahkan kita dipermalukan oleh beberapa hacker yang membongkar situs-situs penting dan data termasuk data Menkominfo,” kata Fadli.

“Sebagai negara dengan pengguna internet di atas 200 juta, seharusnya negara menjamin keamanan siber secara serius,” sambungnya.

Baca: Fraksi Gerindra Dorong Pemerintah Bangun SPBU Khusus Nelayan

Sudah sepekan publik dikejutkan oleh pembobolan data yang dilakukan oleh hacker Bjorka. Tak tanggung-tanggung, data sejumlah lembaga pemerintahan seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) diretas dan diekspos olehnya. (un)