Menhan Tegaskan Pentingnya Bangun Kekuatan Maritim demi Kedaulatan Bangsa Indonesia

16
Prabowo Subianto - Seskoal
(SirOnline/Tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, menegaskan pentingnya membangun kekuatan maritim yang kuat untuk menjamin kedaulatan dan kemakmuran bangsa.

Terlebih, kata Prabowo, posisi wilayah Indonesia dinilai strategis di jalur perdagangan dunia.

“Indonesia harus segera bangun kekuatan maritim yang juga digabung dengan kekuatan darat dan udara,” tegasnya, dalam Seminar Maritim Internasional 2022 di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Jakarta, Selasa (13/9).

Untuk mendukung pembangunan kekuatan maritim Indonesia tersebut, Prabowo mengungkapkan Kementerian Pertahanan (Kemhan) tengah memperbaiki 41 KRI TNI AL agar siap tempur, melalui kerja sama dengan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia.

“Lima KRI kelas fregat, enam KRI kelas korvet, enam KRI kelas Kapal Cepat Rudal (KCR),” ujar Prabowo.

Baca: Wamenhan Ungkap Pembelian Jet Tempur untuk Perkuat Pertahanan Negara

Tak hanya itu, untuk memperkuat dan memperbesar kekuatan TNI AL, pemerintah juga telah menetapkan Komponen Cadangan (Komcad) matra laut, yakni berjumlah 499 orang dari Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Surabaya.

“Tiga bulan mereka latihan, cukup membanggakan. Sebagai mantan Panglima Komando Pasukan Tempur, saya lihat Komcad kita lumayan,” ungkapnya. (at)