Hasil Survei MIPOS: Prabowo Jadi Capres Dengan Sentimen Positif Tertinggi dari Warganet

28
Prabowo Subianto Rapimnas Gerindra
Prabowo Subianto menyatakan siap maju dalam Pilpres 2024 saat Rapimnas Gerindra 2022. (SirOnline/Tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline.id – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, jadi bakal capres 2024 yang mendapat raihan sentimen positif tertinggil dalam hasil survei.

Hasil itu merupakan survei, Merdeka Institute Public Opinian Survey (MIPOS), pihaknya merilis hasil riset terbaru terkait sentimen publik terhadap para calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

Peneliti Senior MIPOS, Ibnu Hanif Fadillah mengatakan berdasarkan hasil riset, terjadi penguatan sentimen positif terhadap Prabowo sebagai capres. Disebutkan warganet yang membicarakan Prabowo cenderung berbicara positif.

Riset ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan natural language processing (NLP) untuk mengekstraksi opini warganet dalam bentuk teks.

“Data riset diperoleh dari tanggal 9-20 Agustus 2022 dengan metode ekstraksi opini dilakukan dengan teknik knowledge discovery in database (KDD),” ujar Fadil dalam keterangan resmi, dilansir dari Detik, Kamis (25/8).

Disebutkan juga penentuan periode riset didasarkan pada dua event besar, yaitu deklarasi kesiapan Prabowo maju capres dan deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Analisis terhadap percakapan warganet di sejumlah platform media sosial ini dilakukan dengan keyword nama-nama capres yang sering muncul.

“Pasca event deklarasi kesiapan Prabowo Subianto maju sebagai capres 2024 dan deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, terjadi penguatan sentimen positif terhadap Prabowo sebagai capres, serta Partai Gerindra dan PKB sebagai calon peserta Pemilu 2024,” kata dia.

Fadil mengatakan, sebanyak 35,41 persen warganet membicarakan Prabowo dengan ujaran positif. Sedangkan 2,43 persen menyampaikan ujaran negatif.

“Khusus tentang Prabowo, sebanyak 35,41 persen warganet yang mempercakapkan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut cenderung menyampaikan ujaran positif. Hanya 2,43 persen yang menyampaikan ujaran negatif dan 62,16 persen percakapan cenderung netral,” tuturnya.

Baca: Hasil Survei SMRC: Prabowo Berpeluang Besar Memenangkan Pilpres 2024 di Kalangan Elit Partai

Selain Prabowo, Fadil menyebut, nama tokoh yang memperoleh sentimen positif selanjutnya yaitu Ganjar Pranowo sebesar 25,03 persen. Namun, sentimen negatif terhadap Ganjar disebut tergolong tinggi dengan 7,94 persen.

Sementara itu berdasarkan riset MIPOS, Anies Baswedan memperoleh sentimen positif sebesar 18,96 persen. Sedangkan sentimen negatif yang diterima Anies disebut sebanyak 10,95 persen. (irv)