Hasil Survei SMRC: Prabowo Berpeluang Besar Memenangkan Pilpres 2024 di Kalangan Elit Partai

13
Prabowo
Prabowo Subianto (SirOnline/Tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline.id – Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto mengungguli para bakal calon presiden (capres) 2024 yang datang dari kalangan elite partai, yang dirilis lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Direktur riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, simulasi terhadap responden survei, apabila elite partai yang maju sebagai capres mendatang, Prabowo masih unggul dibandingkan elite partai yang tengah populer saat ini.

“Jika yang maju hanya elite-elite inti partai, dalam simulasi pilihan tertutup terhadap lima nama yakni, Prabowo vs AHY vs Puan vs Muhaimin vs Airlangga. Prabowo mendapat dukungan terbesar sebanyak 39,4 persen,” ujar Deni, dilansir dari Sindonews, pada Selasa (23/8).

Selain Prabowo, angka itu disusul AHY sebanyak 13,3 persen, Puan 6,9 perse , Muhaimin Iskandar 6,7 persen, dan Airlangga 3,3 persen. Yang belum tahu/tidak menjawab 30,3 persen.

Berdasarkan hasil survei tersebut, jika memang Capres harus dari kalangan elite partai, maka dapat dipastikan Prabowo berpeluang besar akan memenangi Pilpres 2024 mendatang.

“Selain Prabowo, petinggi partai lain, yakni Puan atau Airlangga terlalu rendah untuk bersaing,” kata dia.

Dalam survei nasional tersebut, Deni menjelaskan, metodologi yang digunakan yakni wawancara tatap muka.

Ia juga menerangkan, responden surveinya merupakan warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun atau telah memiliki hak pilih pada pemilu mendatang.

“Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.053 atau 86 persen,” ungkapnya.

Dari sejumlah 1.053 responden yang dianalisis inj. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling). (irv)