Penulis Salman Rushdie Diserang di New York

77
Salman Rushdie
Penulis Salman Rushdie. (Sumber: The Forward)

Jakarta, SirOnline.id – Penulis Salman Rushdie diserang dan ditikam di leher oleh orang tak dikenal. Peristiwa itu terjadi saat Rushdie menyampaikan kuliah di Chautauqua Institution, New York, Amerika Serikat, Jumat (13/8).

Melansir The New York Times, serangan itu terjadi sekitar pukul 11 pagi waktu setempat. Penyerangan terhadap penulis Amerika Serikat kelahiran India itu tak lama setelah ia naik ke atas panggung untuk menyampaikan kuliahnya pada sebuah komunitas di New York yang menawarkan program seni dan sastra tersebut.

Polisi negara bagian itu menyatakan, setelah diserang. Rushdie langsung dibawa dengan helokopter ke rumah sakit setempat. Kendati demikian, kondisi saat ini belum diketahui pasti. Polisi pun belum menemukan motif jelas dibalik aksi penyerangan tersebut.

Salman Rushdie menghabiskan sekitar 10 tahun di bawah perlindungan polisi. Ia hidup dalam persembunyian setelah Pemimpin Tertinggi Iran setelah Revolusi Iran 1979, Ayatollah Ruhollah Khomeini menyerukan eksekusi untuk Rushdie pada tahun 1989. Eksekusi itu muncul karena novel Rushdie The Satanic Verses dianggap menyinggung Islam.

Baca: Mike Tyson Akui Temukan Tanda Dekati Kematian

Buku itu juga dilarang di tanah kelahiran Rushdie di India. Tak hanya karyanya, kehadiran Rushdie juga dilarang berada di negara itu selama lebih dari satu dekade. (un)