Surat Bharada E Bongkar Drama Pembunuhan Berencana Brigadir J

15
Bharada E
Bharada E usai diperiksa penyidik. (Sumber: Antara)

Jakarta, SirOnline.id – Penetapan status tersangka kepada Ferdy Sambo masih jadi perbincangan publik. Bharada E juga disebut membongkar drama pembunuhan berencana ini dengan tulisannya.

Diketahui, salah satu pengungkapan yang dilakukan tim penyidik ialah bersumber dari keterangan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E.

Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto menyebut, tersangka Bharada E sempat meminta kepada Timsus untuk menulis surat pengakuan, dalam pemeriksaan terkait kasus yang menjeratnya.

“Dia ingin tulis sendiri. ‘Tidak usah ditanya Pak, saya menulis sendiri’. Yang bersangkutan (Bharada E) menulis dari awal bahwa yang melakukan adalah yang bersangkutan dengan dilengkapi cap jempol dan materai,” kata Agung, dilansir dari wartaekonomi, Rabu (10/8).

Kendati demikian, Agung tidak menjelaskan secara rinci, tentang apa yang ditulis Bharada E tersebut.

Agung hanya mengungkapkan, dari surat tersebut Inspektorat Khusus (Irsus) menemukan adanya unsur pidana sehingga penanganan kasus dilimpahkan ke Bareskrim Polri untuk penyidikan.

“Dari situlah pemeriksaan Irsus karena sudah ada unsur pidana nya. Maka, kami limpahkan ke Bareskrim Polri untuk lakukan tindakan lebih lanjut,” kata dia.

Seperti diketahui, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E mengungkap rentetan peristiwa menjelang insiden tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, pada Jumat (8/7) lalu.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka baru dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Baca: Diduga Jadi Dalang Pembunuhan Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka

Kini tercatat telah ada empat tersangka, dalam kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J.

Pertama Bharada E, kedua Bripka RR, ketiga tersangka KM, dan Irjen Pol FS. Penetapan tersangka dilakukan setelah tim khusus melakukan serangkaian penyelidikan dan penyidikan terkait kasus tersebut. (irv)