Sri Mulyani: Konflik China vs Taiwan Bisa Kembali Guncang Perekonomian Dunia

17
Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani. (SirOnline/Pramita Hendra)

Jakarta, SirOnline.id – Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani memprediksi perekonomian dunia akan kembali terguncang dengan adanya ketegangan antara China vs Taiwan, yang dipicu oleh kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan minggu lalu.

“Konflik geopolitik tersebut instrumen ekonomi menjadi instrumen perang. Contohnya sanksi ekonomi yang dijatuhkan negara-negara Barat ke Rusia. Sanksi tersebut tentu saja tidak hanya memberikan dampak dari sisi militer, tetapi dari sisi ekonomi dan keuangan negara,” ujarnya di depan Mahasiswa Universitas Indonesia seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, Senin, (8/8).

Sri melanjutkan, situasi geopolitik yang luar biasa besar ini maka seluruh dunia merasa tidak aman. Ketidakamanan tersebut, menurut dia dapat mengancam hubungan antar negara yang selama tiga dekade di bawah asumsi bahwa dunia akan saling berhubungan baik dari sisi perdagangan, investasi, lalu lintas manusia,  lalu lintas modal, lalu lintas barang, dan lalu lintas informasi.

Kondisi geopolitik saat ini yang penuh dengan potensi perang dan kompetisi, kata dia, pada akhirnya memicu banyak negara mencari hal-hal yang dapat meningkatkan ketahanan dari perekonomiannya masing-masing.

Baca: China-Taiwan Memanas, Ini 7 Fakta Situasi 24 Jam Terkahir

“Artinya proteksionisme kemungkinan akan semakin besar, blok akan semakin menguat. Hubungan investasi perdagangan tidak lagi berdasarkan kepada flow of  goods dan capital serta manusia yang bebas namun sudah diperhitungkan  dari sisi aspek geopolitik,” ungkapnya.

Ia pun berharap Indonesia sebagai salah satu negara dari 20 negara dengan perekonomian terbesar tidak boleh tidak paham terhadap konteks geopolitik yang berubah saat ini. (rr)