Pengamat Tangkap Sinyal Dukungan Jokowi untuk Prabowo

27
Prabowo
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. (SirOnline/Muhamad Hidayat)

Jakarta, SirOnline.id – Pengamat politik M. Qodari menangkap sinyal dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) yang akan meramaikan pesta demokrasi 2024 mendatang.

Qodari menilai, hal itu terlihat dari bahasa tubuh Jokowi, yang menurutnya, terlihat nyaman dengan Prabowo. Ia pun menyebut satu contoh paling kentara adalah momen ketika Jokowi meminta Prabowo untuk mewakilinya menutup turnamen Piala Presiden 2022 pada Sabtu (6/8).

“Kalau itu benar, ini sinyal paling terang Pak Jokowi ada ‘hati’, ​Pak Jokowi ‘main hati’ dengan Prabowo,” kata Qodari, dikutip dari Antara, Senin (8/8).

Qodari mengatakan, mendukung Prabowo sebagai capres adalah pilihan paling logis bagi Jokowi saat ini.

“Secara rasional sangat masuk akal Pak Jokowi dekat dan dukung Prabowo karena balik lagi di antara capres yang paling mungkin itu dia,” ujar Qodari.

Ia menyebut, setidaknya ada dua hal yang membuat Prabowo menjadi nama dengan kriteria terkuat ketimbang nama lain yang disebut akan meramaikan pemilihan presiden dua tahun mendatang. Pertama, secara elektabilitas, Prabowo selalu memasuki top 3. Kedua, tekait jabatan Prabowo sebagai ketua umum partai politik.

Baca: Di KPU, Prabowo Ajak Parpol untuk Adu Gagasan pada Pemilu 2024

“Nah, kalau kriterianya ada dua, elektabilitas dan partai politik, semuanya benar. Calon presiden yang paling pasti pada hari ini yang bisa maju namanya adalah Prabowo Subianto,” kata Qodari.

Selain itu, Qodari menyebut, Jokowi pun memiliki kedekatan dengan Prabowo. Selain Prabowo menjadi menteri pada kabinet Jokowi, relasi keduanya pun menjadi simbol dari rekonsiliasi dan persatuan. (un)