Pemerintah Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih di Papua

8
bendera merah putih
Pembagian 10 juta bendera merah putih di Papua. (Sumber: Antara)

Jakarta, SirOnline.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat menggelar gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI sekaligus tindak lanjut instruksi Presiden RI melalui surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 003.1/4397/SJ.

Dilansir dari Antara, Senin, (8/8) pembagian ini langsung dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw yang menyerahkan secara simbolis kepada Lurah Sowi dan Lurah Pasir Putih Kabupaten Manokwari.

“Pembagian ini mulai dari Manokwari dan lanjut ke kabupaten lainnya. Saya lihat masih kurang pembagiannya kepada ASN (aparatur sipil negara).┬áPrioritaskan dahulu untuk kantor pemerintahan,” kata Waterpauw.

Waterpauw secara simbolis menyerahkan 10 juta bendera merah putih kepada Lurah Sowi dan Lurah Pasir Putih Kabupaten Manokwari.

“Saya lihat masih kurang pembagiannya kepada ASN (aparatur sipil negara).┬áPrioritaskan dahulu untuk kantor pemerintahan,” kata Waterpauw.

Baca: Krisis Pangan, Ratusan Warga di Pegunungan Papua Kelaparan, Tiga Tewas

Gerakan 10 juta bendera Merah Putih tersebut untuk menggalang partisipasi masyarakat dalam memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada tahun 2022. Selain itu, gerakan ini sebagai ajang sosialisasi kepada pelajar, mahasiswa, ormas, partai politik, dan masyarakat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme, dan cinta tanah air.

“Pengibaran bendera bukan hanya saat 17 Agustus, tetapi selama bulan Agustus di semua wilayah di Papua Barat,” jelas Waterpauw. (rr)