Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:21 WIB
More

    Semarakkan Hari Kemerdekaan, Ini Sejarah dan Lirik Lagu Merah Putih Karangan Ibu Sud

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Jelang peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77, berbagai kegiatan menyambut hari kemerdekaan mulai semarak di seluruh Indonesia.

    Tak terkecuali lagu-lagu nasional yang seringkali dikumandangkan di berbagai kegiatan, salah satunya adalah ‘Lagu Bendera Merah Putih’.

    Lagu Bendera Merah Putih, merupakan salah satu lagu wajib nasional yang diciptakan oleh salah satu pahlawan nasional Ibu Sud atau Sardjah Niung.

    Lirik lagu Bendera Merah Putih ini ternyata membahas tentang nasionalisme, dan kecintaan masyarakat terhadap bendera Merah Putih.

    Lagu Bendera Merah Putih juga bagian dari upaya menanamkan rasa bangga terhadap salah satu simbol negara yang ditetapkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945: sang saka Merah Putih.

    Nasionalisme dan peristiwa heroik kemerdekaan adalah sumber inspirasi Ibu Sud untuk menggubah lagu anak-anak, termasuk lagu Bendera Merah Putih.

    Sebagai pemusik dan pencipta lagu, nama Ibu Sud kondang sebagai musisi legendaris Indonesia. Ia dikenal sebagai musisi tiga zaman, yaitu zaman Belanda, Jepang, dan zaman kemerdekaan.

    Dilansir dari tirto, Senin (8/8), sebagian lagu tersebut konon, ia ciptakan sarat dengan nilai perjuangan dan nasionalisme. Sebagai misal, lagu Berkibarlah Benderaku yang diciptakan pada tahun 1947 saat berlangsung Agresi Militer Belanda I.

    Diilhami dari kisah Direktur Radio Republik Indonesia (RRI) Joesoef Ronodipoero yang dipaksa tentara Belanda menurunkan bendera Merah Putih yang terpacang di halaman RRI.

    Kendati berada di bawah ancaman senjata dan todongan bayonet, Joesoef Ronodipoero menolak untuk menurunkan simbol kemerdekaan bangsa Indonesia tersebut, sebagaimana dikutip dari Sarijah Bintang Sudibyo (Ibu Sud): Karya dan Pengabdiannya (1985) yang ditulis S. Sumardi.

    Baca: Pemerintah Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih di Papua

    Lagu Bendera Merah Putih memiliki tema yang sama, yaitu bakti dan kebanggaan terhadap bendera Merah Putih, serta partisipasi rakyat dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, sebagaimana tergambar dalam liriknya.

    Berikut ini lirik lagu Bendera Merah Putih yang diciptakan Ibu Sud.

    Bendera merah putih
    Bendera tanah airku

    Gagah dan jernih tampak warnamu
    Berkibarlah di langit yang biru

    Bendera merah putih
    Bendera bangsaku
    Bendera merah putih

    Pelambang berani dan suci
    Siap selalu kami berbakti
    Untuk bangsa dan Ibu Pertiwi

    Bendera merah putih
    Terimalah salamku

    Berikut adalah lirik dan sejarah penciptaan lagu wajib nasional Bendera Merah Putih, semoga bermanfaat. (irv)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN