Kamis, 8 Desember 2022 | 10:29 WIB
More

    Presiden Timor Leste: Lebih Mudah Masuk Surga Ketimbang Masuk ASEAN

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta memberikan sindiran kepada pihak Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

    Proses masuknya Timor Leste ke ASEAN disebutnya rumit, bahkan ia membuat pengandaian bahwa lebih mudah ke surga ketimbang masuk ASEAN.

    “Sepertinya jalan ke surga, untuk mencapai kesempurnaan surga lebih mudah ketimbang mencapai gerbang ASEAN. Sepertinya untuk mencapai ASEAN kamu harus memenuhi semua kriteria untuk masuk surga,” ujar Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di acara Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di Jakarta, dilansir dari liputan6, Jumat (22/7).

    Ia menuturkan masuk ASEAN juga lebih banyak tuntutan, ketimbang masuk Uni Eropa bagi negara-negara eks-Soviet, seperti Rumania atau Bulgaria.

    Di hadapan para tokoh diplomasi yang hadir di acara FPCI, Presiden Ramos-Horta mengungkap, selama 10 tahun terakhir negaranya sudah berkembang pesat secara ekonomi, sehingga dianggap bisa masuk ke ASEAN.

    “Kami lebih dari siap untuk bergabung ASEAN,” kata dia.

    Terkait komunikasi bilateral untuk bergabung dengan ASEAN, semua telah menjalin komunikasi yang baik, terutama dengan Indonesia, supaya Timor Leste bisa menjadi anggota ASEAN.

    Negara-negara ASEAN sendiri sudah memberi konsensus, agar negaranya menjadi anggota, tetapi ia tak tahu kapan waktu pastinya bisa bergabung.

    “Pertanyaannya kapan? Bisa saja 2023, kami harap, bisa saja lima tahun lagi, 10 tahun lagi. Saya harap bisa mendapat penjelasan jelas dari Sekretariat ASEAN, pemimpin-pemimpin ASEAN, secepatnya, terkait kapan kita bisa gabung ke ASEAN,” ungkap Horta.

    Dalam kunjungannya ini Horta juga menyampaikan harapannya untuk bisa bergabung dengan ASEAN, apabila RI menjabat sebagai ketua di tahun 2023 mendatang.

    Pernyataan itu juga sempat ia sampaikan saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (19/7).

    “Timor Leste berharap bisa bergabung dengan ASEAN saat Indonesia memegang keketuaan,” kata Jose Ramos-Horta.

    Baca: Timor Leste Berharap Jadi Anggota ASEAN Saat Indonesia Jadi Ketua

    “Indonesia tetap berkomitmen terhadap keanggotaan Timor Leste di ASEAN,” imbuhnya.

    Indonesia dan Timor Leste kini juga berkomitmen, untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi.

    “Kita membahas berbagai kerja sama bilateral dengan terbuka dan bersahabat, dan komitmen penguatan kerja sama ekonomi menjadi fokus pembahasan,” ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Ramos-Horta usai pertemuan. (Irv)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN