Timor Leste Berharap Jadi Anggota ASEAN Saat Indonesia Jadi Ketua

17
Ramos Horta dan Jokowi
Presiden Timor Leste, Jose Ramos-Horta saat bertemu Presiden Joko Widodo di Bogor. (Sumber: presidenri.go.id)

Jakarta, SirOnline.id – Presiden Timor Leste, Jose Ramos-Horta berharap negara yang dipimpinnya dapat bergabung dengan Perserikatan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) saat Indonesia memimpin blok ini pada 2023. Hal ini disampaikan oleh Ramos-Hotra saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (19/7).

“Kami berharap (Timor Leste) bisa bergabung dengan ASEAN selama kepemimpinan Indonesia,” ujar Ramos Horta, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (19/7).

Selain itu, ia pun menyampaikan kebahagiaan atas ditunjuknya Indonesia yang akan menjadi ketua ASEAN pada 2023 mendatang. Kebanggaan itu, lanjut Ramos-Horta tidak lepas dari komitmen RI yang selalu mendukung Timor Leste jadi anggota ASEAN.

“Saya sangat senang Indonesia tetap berkomitmen terhadap keanggotaan Timor Leste di ASEAN. Sangat normal (Timor Leste) menjadi bagian ASEAN,” katanya.

Baca: Temui Menhan Prabowo, Dubes UE Bahas Kerja Sama hingga Isu Strategis

Kendati demikian, Ramos mengaku masih banyak persyaratan yang harus negaranya penuhi untuk menjadi anggota. Salah satu yang krusial adalah menfungsikan kembali ekonomi dan demokrasi negara.

Timor Leste sebelumnya telah mengajukan diri menjadi anggota ASEAN sejak 2011 lalu. Indonesia mendukung penuh upaya ini. Pada 2020 lalu, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan, telah diutus tiga tim pencari fakta akan mengunjungi dan menilai Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN. (un)