Rabu, 10 Agustus 2022 | 02:06 WIB
More

    Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Teratas Ungguli Ganjar dan Anies di Capres 2024

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) menempatkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di posisi teratas sebagai calon presiden di Pilpres 2024 mengungguli dua kandidat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

    Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan survei ini dilaksanakan pada 10 sampai dengan 24 Juni 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang telah berumur minimal 17 tahun.

    Jumlah sampel sebanyak 1.500 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

    Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan responden dipandu dengan kuesioner. Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) yang ditetapkan dalam survei ini sebesar +/- 2,53% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%.

    “Tercatat suara untuk Prabowo mencapai 29,5%, di mana pada survei bulan Februari 2022 suaranya hanya 21,9%. Pada survei LSN Juni 2022 elektabilitas¬†Prabowo¬†meningkat cukup signifikan menjadi 29,5%, juga masih di posisi teratas,” ujar Gema dikutip Liputan 6, Jumat, (15/7).

    Baca: Survei Parameter: Popularitas Prabowo Subianto Nyaris 100 Persen

    Gema menjelaskan, kenaikan elektabilitas Prabowo ini terjadi di tengah elektabilitas sejumlah tokoh lain yang cenderung stagnant bahkan menurun. Jika dilihat suara para kandidat lain, yaitu sebanyak 23,1% masyarakat menyatakan akan memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, lalu 18,5% menegaskan pilihannya kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sedangkan suara kandidat lainnya, jelas Gema, cenderung mengalami stagnan.

    “Ridwan Kamil 7,6%, Sandiaga Uno 4,2%, Ahok (2,6%), dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,5%,” kata Gema.

    Sisanya ada Moeldoko yang mendapatkan 2,4%, lalu Dedi 2,1 persen, menyusul Erick Thohir dengan raihan 1,7%, dan ada Airlangga Hartarto dengan1,2%. Nama lainnya ada Puan Maharani dengan 0,9%, Gatot Nurmantyo 0,7%, Mahfud Md dan Muhaimin mendapatkan 0,5% dan tak memilih sebesar 4,2%. (rr)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN