Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:39 WIB
More

    Menpora Dukung Penuh Akademi Nusantara Prabowo, Ini Alasannya

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali apresiasi dan memberi dukungan atas dibentuknya Akademi Nusantara Prabowo yang akan mencari bibit atletnya melalui Turnamen U-16 bertajuk Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022.

    Zainudin bangga karena akademi sepakbola inisiasi Prabowo Subianto ini, akan membina talenta atlet usia muda dengan mengedepankan sport science sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 serta Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

    “Saya dengar ini saja senang, artinya sebagian dari kerjaan pemerintah ini ada yang membantu, yakni Inpres Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional,” ujar Zainudin, dikutip dari JPNN, Kamis (14/7).

    Ia melanjutkan, “Pasar sepak bola kita setara dengan negara-negara Eropa. Saat terhenti karena pandemi kira-kira kita kehilangan sekitar Rp3 triliun per tahun. Saya senang karena ini sistematis dan mengedepankan sport science.”

    Terpisah, Ketua Panitia Pengarah Piala Prabowo, Fary Francis menyampaikan, dirinya diminta Prabowo untuk melaporkan kepada Menpora terkait Turnamen U-16 bertajuk Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022.

    “Terima kasih Pak Menteri telah menerima kami, kami diminta Pak Prabowo untuk melapor kepada Pak Menpora. Memang ini diinisiasi oleh Pak Prabowo. Inti ujungnya nanti akan didirikan akademi sepakbola berskala internasional,” kata Fary.

    Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 akan diikuti 16 tim dimulai pada tanggal 16 hingga 31 Juli 2022.

    Baca: 16 Akademi Sepak Bola Tanah Air Akan Bertanding di Nusantara Open Piala Prabowo

    “Kita pembedanya memakai big data jadi yang membedakan dengan turnamen-turnamen usia dini lain. Big data ini nantinya akan dites ke masing-masing pemain dan kita melibatkan lebih dari 20 talent scouting dari PSSI,” lanjut Fary.

    Turnamen ini akan melibatkan banyak official, broadcaster yakni Emtek Grup dan Garuda TV secara langsung. Ke depan akan ada maraton gema sepakbola dari Nusantara Open ke Piala Dunia hingga ke Piala Dunia di Indonesia.

    “Momentum ini yang harus dipertahankan selama setahun ke depan, pascapandemi juga sebagai momentum kembalinya industri sepak bola nasional yang semakin bergairah. Semua pemain dan ofisial sudah diasuransikan dalam kejuaraan ini,” pungkas Fary. (irv)

    BERITA TERBARU

    BPK Ungkap Masalah Keuangan Negara Rp18 T di Semester I 2022

    Jakarta, SirOnline.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkap 9.158 temuan yang memuat 15.674 permasalahan sebesar Rp18,37 triliun dalam laporan...

    POPULER

    BERITA PILIHAN