16 Akademi Sepak Bola Tanah Air Akan Bertanding di Nusantara Open Piala Prabowo

12
nusantara open
Penyelenggara Nusantara Open Piala Prabowo 2022. (Sumber: Sindo News)

Bogor, SirOnline.id – Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto gelar turnamen bertajuk Nusantara Open Piala Prabowo.

Sebanyak 16 tim akademi sepakbola di seluruh Indonesia dijadwalkan akan hadir dan mengikuti Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022.

Event sepakbola ini digelar di Nusantara Polo Club dan Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 16 hingga 31 Juli 2022.

Dilansir dari Sindo News, Rabu (6/7) Ketua Pelaksana Nisantara Open Piala Prabowo 2022 Aji Jaya Bintara mengatakan, peserta yang bersaing merupakan tim atau akademi terbaik di Indonesia dan merepresentasikan wilayah di Tanah Air.

Pada edisi pertama, turnamen yang mempertandingkan kategori usia 16 tahun ini telah menyedot perhatian, hal itu dibuktikan dengan lebih dari 70 akademi sepak bola di seluruh Indonesia ikut mendaftar.

Kini, setelah melalui riset yang terukur akhirnya terpilih 16 akademi yang bersaing di Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022.

“Pemilihan 16 akademi ini berdasarkan riset terukur dari prestasi tiga tahun terakhir. Kami pun mengundang delapan akademi dari tim Liga 1 dan delapan non-Liga 1 yang dikenal luas sebagai penghasil bakat-bakat sepak bola terbaik,” kata Aji dalam keterangan pers Selasa (5/7).

Terkait kategori usia yang dipertandingkan, Aji menyatakan usia 16 tahun merupakan masa transisi dari pembinaan ke kompetisi.

“Biasanya pada usia 17 tahun, atlet akan teken kontrak dengan tim profesional. Dari sisi pengembangan juga masih ada waktu untuk menuju standar internasional,” kata dia.

Baca: Perkuat RANS Nusantara, Ronaldinho akan Bertanding Lawan Arema dan Persik

Turnamen ini bergulir bukan tanpa tujuan. Ketua Dewan Pengarah Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, Fary Djemy Francis mengatakan, hal yang menarik dari gelaran kali ini adalah 30-35 pemain terbaik akan mendapat beasiswa masuk ke Akademi sepak bola Nusantara Bersatu.

“Akademi Nusantara Bersatu ini hadir atas inisiasi bapak Prabowo Subianto yang ingin melakukan pembinaan terhadap pesepak bola usia 16 tahun. Dengan begitu nantinya Indonesia memiliki talenta-talenta pesepak bola kelas dunia. Sebab, akademi ini nantinya akan dibuat berstandar internasional dengan hadirnya pelatih-pelatih Eropa,”ujar Ferry. (irv)