Ditutup Hampir Enam Bulan, Bandara Halim PK Kini Dibuka Kembali

11
Halim Perdanakusuma
Situasi di Bandara Halim Perdanakusuma pasca revitalisasi. (Sumber: Tans7)

Jakarta, SirOnline.id – Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta dibuka kembali hari ini Rabu (13/7)setelah ditutup sementara sejak 26 Januari 2022.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan uji coba landasan pacu (runway) hasil revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa, (12/7).

Budi menjelaskan, Bandara Halim Perdanakusuma akan beroperasi secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP.

“Dan September nanti Bandara Halim Perdanakusuma sudah bisa digunakan untuk komersial,” kata Budi, dilansir dari Kompas Rabu (13/7).

Budi melanjutkan, penggunaan landasan pacu secara terbatas bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan, jika ditemui kekurangan yang harus diperbaiki.

“Selain runway, kami juga membangun terminal untuk tamu VVIP. Pengoperasian secara komersial akan dilakukan berbarengan dengan selesainya bangunan terminal,” kata dia.

Progres pembangunan revitalisasi Bandara Halim hingga saat ini sudah mencapai 72,6 persen. Untuk pekerjaan sisi udara di antaranya adalah landasan pacu, landasan hubung (taxiway) dan landasan parkir (apron) yang ditargetkan selesai akhir Juli 2022.

Sedangkan pekerjaan sisi darat di antaranya gedung terminal yang ditargetkan akan rampung pada akhir Agustus 2022.

Baca: Batu Bara Indonesia Akhirnya Berlayar, Negara Eropa Tarik Nafas Lega

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2022, lingkup pekerjaan revitalisasi adalah penyehatan landas pacu dan landas hubung, peningkatan kapasitas landas parkir, pesawat udara Naratetama dan Naratama, renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan akibat pekerjaan revitalisasi.

Budi juga berterimakasih kepada intansi yang terlibat dalam pengerjaan, seperti Kemenhan, KemenPUPR, Angkasa Pura II, Panglima TNI, KASAU, kontraktor pembangunan, dan Kemenhub. (irv)