Rabu, 5 Oktober 2022 | 13:32 WIB
More

    Putin Terbitkan Paspor Cepat untuk Warga Ukraina

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Rusia menerbitkan paspor jalur cepat untuk warga Ukraina, menyusul penandatanganan dekrit oleh Presiden Vladimir Putin yang menyederhanakan prosedur untuk memperoleh kewarganegaraan Rusia.

    “Warga Ukraina sekarang dapat mengajukan permintaan yang relevan tanpa perlu tinggal di Rusia selama lima tahun, untuk memiliki sumber pendapatan atau untuk lulus tes bahasa Rusia, sesuatu yang biasanya harus dilakukan orang asing sebelum mereka dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia,” begitu isi dekrit, dikutip dari Okezone, Rabu, (12/7).

    Sementara itu dilansir dari Tempo, pemberlakuan dekrit ini sebenarnya sudah berlangsung sejak April 2019 bagi penduduk Donetsk dan Luhansk. Sejak itu, lebih dari 720.000 penduduk daerah yang dikuasai pemberontak atau sekitar 18 persen dari populasi, telah menerima paspor Rusia, mereka juga mendapatkan vaksin Covid-19 dan ditawari akses perdagangan ke produsen lokal.

    Olga Matvienko, seorang pejabat layanan migrasi di Donetsk, Ukraina, mengatakan bahwa jumlah orang yang mengajukan paspor Rusia telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Kenaikan itu seiring dengan ketegangan di sekitar Ukraina yang meningkat.

    Dia mengatakan prosedurnya telah sangat disederhanakan dan hanya memakan waktu satu hingga tiga bulan. Penduduk Donetsk yang telah mendaftar mengatakan memiliki kewarganegaraan Rusia memberi mereka rasa perlindungan dari negara tetangga yang kuat.

    Baca: Delapan ABK Jiang Ye Diizinkan Pulang ke Indonesia, Belum Digaji Enam Bulan

    “Kerabat (di Rusia) memberi tahu kami bahwa Putin tidak akan meninggalkan kami dan semuanya akan baik-baik saja,” kata pensiunan Nelya Dzyuba, 62 tahun.

    Banyak juga penduduk yang mengatakan paspor tersebut berguna untuk melakukan perjalanan ke Rusia dan menikmati manfaat seperti perawatan kesehatan gratis. (rr)

    BERITA TERBARU

    BPK Ungkap Masalah Keuangan Negara Rp18 T di Semester I 2022

    Jakarta, SirOnline.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkap 9.158 temuan yang memuat 15.674 permasalahan sebesar Rp18,37 triliun dalam laporan...

    POPULER

    BERITA PILIHAN