Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:24 WIB
More

    Wisata Uji Nyali, Rasakan Sensasi Panjat Tebing Kopassus Citatah

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Bandung, SirOnline.id – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan populasi terpadat di Indonesia, selain itu daerah ini juga kaya akan warisan adat dan budaya luhurnya.

    Berada di jalur cincin api pasifik, wilayah yang memiliki beberapa gunung berapi aktif, ini juga kerap disebut Parahyangan atau tempat tinggal para dewa.

    Hal ini karena bentang alamnya yang terkenal begitu indah dan unik dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari Jakarta atau Bandung.

    Dari danau di puncak gunung sampai pantai berpasir putih, Jawa Barat memiliki banyak sekali keajaiban alam yang begitu spektakuler dan sayang untuk dilewatkan.

    Salah satunya adalah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Daerah yang terletak di timur Jawa Barat ini menyimpan sejuta keindahan alam, yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

    Di sini Anda bisa uji nyali di Tebing Citatah, Padalarang. Meski hanya berjarak lima kilometer dari pintu keluar tol Padalarang, Tebing Citatah tidak sepopuler Goa Pawon dan Stone Garden.

    Tebing CItatah
    (Sumber: Facebook Info Wisata Bandung)

    Melansir Facebook Info Wisata Bandung, Kamis (7/7), saat ini Tebing Citatah berada di bawah pengawasan Kopassus, tebing-tebing yang ada di sini kerap digunakan sebagai lokasi latihan militer.

    Tapi di akhir pekan, ketiga tebing yang ada, yakni, Citatah 48, Citatah 90 dan Citatah 125 dibuka untuk pengunjung yang ingin melakukan aktivitas panjat tebing tanpa dipungut biaya.

    Bagi pendaki pemula, Anda dapat mencoba memanjat tebing Citatah 48 dengan ketinggian 40 hingga 50 meter.

    Begitu sukses menaklukkan tebing batu kapur ini, Anda akan disambut oleh monumen Belati milik Kopassus sebagai simbol keberhasilan.

    Bukan cuma menguji fisik Anda saja, untuk menaklukkan tebing ini juga dibutuhkan fokus dan ketelitian.

    Baca: Terinspirasi dari Alam, Seniman US Gelar Pameran Lukisan di Bali

    Konsentrasi pun dibutuhkan di sini karena setiap saat bahaya dapat mengancam. Karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi, serta besarnya risiko yang dihadapi.

    Tebing Citatah 90 dan Citatah 125 hanya diperuntukkan bagi pendaki berpengalaman saja, dengan bukti sertifikat serta surat ijin dari pihak berwenang. (irv)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN