Pertamina Uji Coba Pembelian Pertalite dengan Menggunakan Sistem Daftar

12
pertamina
Ilustrasi tempat pengisian BBM di Indonesia. (SirOnline/Dumaz Artadi)

Jakarta, SirOnline.id – Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) resmi mengeluarkan aturan pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan solar dengan sistem daftar di MyPertamina mulai 1 Juli 2022.

Dilansir dari Kompas, Selasa (28/6) Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, nantinya sistem ini akan melewati uji coba di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Menurutnya sistem ini diterapkan dalam upaya merealisasikan aturan pembatasan jumlah atau kuota, maupun segmentasi penggunanya untuk penyaluran BBM subsidi. Sehingga semua kebijakan khususnya terkait penyaluran tepat sasaran.

“Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022,” ujar Alfian.

Harga pertalite di Sumatera Barat Rp 7.650, Kalimantan Selatan: Rp 7.650, Sulawesi Utara: Rp 7.650, Jawa Barat: Rp 7.650 dan Yogyakarta: Rp 7.650, jelas Alfian.

Sedangkan harga solar (Dex Lite) di kota yang sama ialah Sumatera Barat: Rp 13.250; Kalimantan Selatan Rp 13.250; Sulawesi Utara Rp 13.250; Jawa Barat Rp 12.950; dan Yogyakarta Rp 12.950.

“Masyarakat yang merasa berhak menggunakan pertalite dan solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar,” katanya.

Baca: Tiga Kebijakan BI Menjaga Perekonomian dari Stagflasi Global

Sistem itu akan membantu mencocokkan data pengguna. Masyarakat tak perlu khawatir apabila belum memiliki aplikasi MyPertamina karena pendaftaran dilakukan semua dari situs yang dibuka 1 Juli 2022.

Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui surat elektronik. Pengguna terdaftar nanti akan mendapatkan QR yaitu kode khusus yang menunjukkan data telah cocok dan bisa membeli solar atau pertalite. (rr)