Survei di Jatim: Prabowo, Ganjar dan Anies Teratas Capres Pemilu 2024

11
capres
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Sumber: detik)

Jakarta, SirOnline.id – Tiga nama besar calon presiden (Capres) untuk Pemilu 2024 muncul teratas dalam survei Poltracking Indonesia di Jawa Timur. Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

(Sumber: Poltracking Indonesia)

Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi dalam keterangan resminya diterima, Selasa, (22/6) mengatakan hasil survei di Jawa Timur ini dilakukan pada tanggal 16-22 Mei 2022 di 38 kabupaten/kota di seluruh Provinsi Jawa Timur.

(Sumber: Poltracking Indonesia)

“Hasilnya dalam simulasi surat suara 10 nama calon presiden 2024, muncul tiga nama teratas dengan angka elektabilitas yaitu Ganjar Pranowo adalah 32.3 persen, Prabowo Subianto 15,9 persen dan Anies Baswedan 12,8 persen,” ujar Arya.

 

(Sumber: Poltracking Indonesia)

“Sementara itu untuk calon wakil presiden (Cawapres), Arya mengatakan dalam simulasi sembilan nama calon wakil presiden 2024, angka elektabilitas paling teratas adalah Khofifah Indar Parawansa dengan 17,9 persen, Erick Thohir 17,2 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 9,0 persen,” tambah Arya.

(Sumber: Poltracking Indonesia)

Poltracking Indonesia melakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1000 responden dengan margin of error (MoE) 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel survei ini diambil berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir.

Baca: PKB Usung Cak Imin-Prabowo di Pilpres 2024

Berikut pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka. Data setiap responden diverifikasi dengan ketat melalui perangkat teknologi komunikasi terbaru untuk menjamin kualitas dan kredibilitas hasil survei. (rr)