More

    Jalur Tol Internet dari AS Sampai ke Indonesia Lewat Kabel Bawah Laut

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Setelah beberapa bulan masa pembangunan dan penempatan di bawah bawah laut, Sistem Komunikasi Kabel Bawah Laut (SKKL) Echo akhirnya berlabuh di Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia.

    Dilansir detik, Rabu, (22/6) Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan SKKL Echo adalah jalur tol internet terbaru dari Amerika Serikat (AS) yang disalurkan melalui kabel bawah laut. Jalur ‘tol internet’ akan membuat akses internet Indonesia-Amerika Serikat makin ngebut. Kedatangan jalur ini ditandai dengan berlabuhnya golden buoy, semacam balon yang dipasang di kabel optik yang nantinya ditarik ke daratan yang selanjutnya disambungkan dengan jaringan kepunyaan XL Axiata.

    “Kedatangan Golden Buoy di Tanjung Pakis ini merupakan bagian dari rangkaian pembangunan proyek SKKL Echo yang sangat panjang, di mana kabel fiber optik ditarik dari California, Amerika Serikat, melintasi Samudera Pasifik, langsung ke sini, dan nanti berlanjut hingga ke Singapura,” ujar I Gede.

    Ia menjelaskan, SKKL Echo ini akan langsung terhubung antara Indonesia dan AS. Dampaknya, akan membuat kapasitas dan latensi dari dan ke RI-AS semakin cepat dari yang sebelumnya karena harus mampir ke negara lain dulu.

    Baca: Belanja Online Akan Dikenakan Biaya Materai Rp10 Ribu

    “Setelah sampai di Indonesia, SKKL Echo akan dikoneksikan dengan sistem jaringan milik XL Axiata yang kemudian bisa kami manfaatkan untuk meningkatkan kualitas koneksi internet bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia,” kata I Gede.

    SKKL Echo ini merupakan proyek bersama antara induk perusahaan Facebook Meta, Google, dan XL Axiata. Total panjang SKKL ini 15 ribu km yang membentang dari Singapura, Indonesia, Guam, sampai ke Eureka, California, AS. (rr)

    BERITA TERBARU

    Menhan Prabowo Tegaskan Pentingnya Ketahanan Nasional

    Malang, SirOnline.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberikan kuliah umum bertajuk “Urgensi Ketahanan Nasional dalam Kepemimpinan Nasional”...

    POPULER

    BERITA PILIHAN