Selain Putin, Jokowi Juga Akan Bertemu Presiden Rusia Volodymyr Zelensky

9
Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (Sumber: Humas Setkab/Rahmat)

Jakarta, SirOnline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menemui dua pemimpin negara yang sedang bertikai yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Pertemuan akan berlangsung di Moskow dan Kiev.

“Kunjungan ini bakal dilakukan Jokowi setelah mengikuti Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) G7 pada Minggu, 26 hingga Senin 27 Juni 2022,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam press briefing dikutip detik, Rabu, (22/6).

Retno mengatakan kunjungan Jokowi ini untuk menunjukkan kontribusi di tengah masalah yang sangat rumit akibat perang Rusia dan Ukraina. Retno menyebut Jokowi menjadi pimpinan negara di Asia pertama yang melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina.

“Dunia juga paham mengenai kompleksitas masalah yang ada. Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G20 dan salah satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam. Presiden Jokowi akan merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut,” jelas Retno.

Selain itu, kunjungan Jokowi juga ingin menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan. Retno menekankan bahwa Indonesia selalu mendorong spirit perdamaian.

Baca: Kantor Berita Rusia Sebut Jokowi Akan Bertemu Putin di Moskow

“Mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah, dan terus mendorong spirit perdamaian,” tuturnya.

Setelah dari Ukraina dan Rusia, Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dalam kunjungan itu, Jokowi akan menindaklanjuti kerja sama di bidang ekonomi. (rr)