Kantor Berita Rusia Sebut Jokowi Akan Bertemu Putin di Moskow

8
Jokowi Putin
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Sumber: CNN Indonesia)

Jakarta, SirOnline.id – Kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menurut TASS seperti dikutip dari detik, Senin (20/6), salah seorang sumber di Kremlin mengatakan pertemuan Jokowi dengan Putin bakal digelar pada 30 Juni mendatang. Pertemuan itu dinilai sangat penting.

“Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Kami sedang mempersiapkannya sekarang. Presiden Joko Widodo dari Indonesia akan mengunjungi Moskow pada 30 Juni,” kata sumber tersebut.

Sumber Kremlin itu juga menyebut Indonesia sebagai mitra penting di mana Rusia telah mempertahankan hubungan politik dan ekonomi yang intensif. Indonesia juga tahun ini memegang presidensi G20. Putin telah diundang untuk datang ke forum tersebut.

“Kami pasti akan pergi. “KTT akan berlangsung pada 15-16 November, ada banyak waktu, kita lihat saja,” ujarnya.

Terkait hal ini, Menko Polhukam Mahfud Md yang ditanyai wartawan mengatakan tidak masalah jika kedua pemimpin itu bertemu.

Baca: Cadangan Devisa RI Turun Lagi Jadi US$ 135,6 Miliar

“Ya itu agenda presiden. Saya kira apa masalahnya? Kan cuma mau ketemu,” ujar Mahfud masih dikutip dari detik.

Mahfud tak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai rencana pertemuan tersebut. Dia juga mengaku tidak terlibat dalam rencana pertemuan Jokowi dan Putin itu. (rr)