More

    Pidato Menhan Prabowo Dipuji Pakar Luar Negeri

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Pidato Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto di forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 bertajuk Mengelola Persaingan Geopolitik di Kawasan Multipolar di Singapura mendapatkan pujian dari para pakar luar negeri dari National University of Malaysia Hoo Chiew Ping.

    “@Kemhan_RI @prabowo menyampaikan salah satu komentar yang paling menarik (bukan narasi Barat seperti biasanya). Beberapa penonton bertepuk tangan sebelum mengakhiri penyampaiannya (juga jarang terjadi). Saya akan menyoroti beberapa poin yang dia buat di sini,” kata Hoo dalam akun Twitter resminya @HooCP dikutip Antara, Senin, (13/6).

    Hoo membuat sebuah utas yang menjelaskan sejumlah poin dalam pidato Prabowo.

    “Ia memulai penampilannya dengan gelombang gerakan independensi setelah perang dunia kedua untuk berargumen tentang antikolonialisme di antara negara-negara yang lebih kecil atau lebih lemah ketika menghadapi tekanan kekuatan besar dunia,” tulis Hoo.

    Prabowo, menurut Hoo, juga mencontohkan bagaimana negara-negara Asia percaya pada kepemimpinan yang bijaksana karena mereka adalah yang paling terpengaruh oleh kekuatan besar. Kesamaan pengalaman dalam menghadapi penjajahan dan perbudakan membuat negara-negara Asia mencari cara kolektif untuk menciptakan lingkungan yang ramah.

    Hoo lalu mengutip pernyataan Prabowo yang ia anggap merupakan sorotan dari pidato, yakni ketika Prabowo mengatakan bahwa negara-negara ASEAN memahami persaingan antara kekuatan dunia yang meningkat dan Tiongkok telah menjadi kekuatan besar selama ribuan tahun di kawasan Asia Tenggara.

    “Hal ini juga berlaku di India, baik wilayah maupun budaya telah memengaruhi wilayah tersebut. #SLD22 /6,” tulis Hoo.

    Baca: Menhan Prabowo Jelaskan The Asian Ways dalam Forum IISS Shangri-La Dialogue 2022

    Tak hanya Hoo, pujian terhadap penampilan Prabowo juga datang dari mantan Shangri-La Dialogue Senior Fellow William Choong, yang kini berprofesi sebagai Senior Fellow di ISEAS-Yusof Ishak Institute Singapura melalui akun Twitter resminya @willschoong.

    “Saya baru saja menetap, tetapi sepertinya pidato @prabowo cukup singkat, katakanlah 12 menit? Dalam satu tahun, pembicara sebelumnya agak mengoceh, melompat dari halaman ke halaman. Penyampaian Prabowo singkat dan tajam,” ujarnya. (rr)

    BERITA TERBARU

    Menhan Prabowo Tegaskan Pentingnya Ketahanan Nasional

    Malang, SirOnline.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberikan kuliah umum bertajuk “Urgensi Ketahanan Nasional dalam Kepemimpinan Nasional”...

    POPULER

    BERITA PILIHAN