Selasa, 6 Desember 2022 | 04:49 WIB
More

    Menhan Prabowo Jelaskan The Asian Ways dalam Forum IISS Shangri-La Dialogue 2022

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Singapura, SirOnline.id – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menjelaskan bagaimana The Asian Ways menjadi sebuah refleksi pengalaman dalam mewujudkan perdamaian. The Asian Ways juga ditegaskan oleh Menhan Prabowo sebagai salah satu cara yang dapat diimplementasikan dalam menghadapi berbagai tantangan geopolitik dunia saat ini.

    “Dalam pengalaman kami, selama 40 hingga 50 tahun terakhir, kami telah menemukan cara kami sendiri. Cara Asia untuk menyelesaikan tantangan-tantangan ini. Kami memutuskan bahwa pengalaman bersama kami saat didominasi, diperbudak, dieksploitasi, kemudian memaksa kami sekarang berjuang untuk menciptakan lingkungan yang damai. Lingkungan yang bersahabat,” ujar Menhan Prabowo dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022, Singapura, Sabtu (11/6).
    Selain itu, Menhan Prabowo meyakini bahwa China dan Amerika Serikat, sebagai dua kekuatan besar dunia, dapat bersikap bijaksana dalam menghadapi tantangan geopolitik saat ini.

    Baca: Menhan Prabowo: Hormati Kepentingan Nasional Setiap Negara

    “Perang dunia II melahirkan gerakan kemerdekaan melawan imperialisme selama ratusan tahun. Pengalaman saudara-saudara kita di Indocina, pengalaman saudara-saudara kita di Filipina, di India, di banyak bagian Asia dan Pasifik membuat kita sangat-sangat sadar akan perlunya kepemimpinan yang bijaksana dan penuh kebajikan,” ujar eks Danjen Kopassus ini.

    “Kami yakin bahwa para pemimpin kekuatan besar menyadari tanggung jawab besar di pundak mereka. Bahwa mereka akan memegang tanggung jawab mereka dengan kebijaksanaan dan kebajikan,” lanjutnya. (nhn/yas)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN