Hasil Jejak Pendapat, Ini Kualitas Jodoh Idaman Generasi Milenial Indonesia

14
Hasil Jejak Pendapat, Ini Kualitas Jodoh Idaman Generasi Milenial Indonesia
Ilustrasi kartu hati. (Sumber: Pixabay)

Jakarta, SirOnline.id – Baru-baru ini aplikasi kencan Tinder menggelar jejak pendapat 1.000 milenial dengan usia 18 hingga 25 tahun pada 2022. Hasilnya terdapat perubahan kalau dahulu biasanya orang mencari jodoh dari asal atau status sosial yang sama, kini dengan pola pikir baru, kedua hal tersebut tidak selalu jadi prioritas.

“Rata-rata menyebutkan mereka lebih menghargai hal-hal yang otentik dan personal, dan tidak ragu membuat relationship goals versi sendiri. Sebagai contoh, ada beberapa milenials yang merasa penting untuk cari pasangan yang mau diajak glow up bersama, atau cari pasangan yang sepakat pake sneakers bersama di acara resepsi pernikahannya nanti,” tulis Tinder dalam siaran persnya dikutip dari Antara, Sabtu,(8/10).

Berikut ini adalah lima kualitas utama yang dicari generasi milenial untuk calon jodoh mereka.

1. Open-minded dan bisa menerima perbedaan

“Aku punya pandangan dan preferensi pribadi untuk hal-hal tertentu, dan aku ingin pasangan aku bisa mencoba memahaminya,” ucap Andreas, member Tinder berusia 22 tahun.

Sebanyak 79 persen responden mengemukakan bahwa mereka mencari seseorang yang berpikiran terbuka dan bisa menerima pandangan mereka. Berpikiran terbuka dianggap sebagai kunci dari sikap menghargai dan empati terhadap pasangan, terlepas perbedaan yang dimiliki keduanya.

2. Bisa dipercaya dan bisa jadi tempat curhat

Punya hubungan yang saling percaya dan punya pasangan yang jujur tuh rasanya langka, seperti kata pepatah ‘Sekalipun di kubangan lumpur, berlian tetaplah berlian’. Artinya anda bisa bersikap terbuka dan tidak takut kelihatan rapuh di depan pasangan, tanpa harus bersikap defensif.

“Saat aku cerita ke pasangan tentang hal yang nggak bisa aku ceritakan ke teman atau keluarga, artinya aku merasa aman sama dia,” ucap Ghina, usia 23 tahun.

3. Bisa diajak tertawa dan bercanda bersama

Selera humor yang baik bisa menjadi hal yang menarik perhatian teman kencan. Sebanyak 64 persen responden setuju kalau menemukan pasangan yang bisa bercanda dan tertawa bersama adalah kunci utama untuk membuat hubungan semakin seru.

4. Percaya diri dan nyaman sama diri sendiri

Seperti kapal yang berlayar di tengah ombak, orang yang percaya dengan dirinya mencerminkan bahwa dia orang yang stabil.

“Aku suka seseorang yang merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, karena artinya mereka nggak akan memperlakukan aku dan hubungan kita hanya untuk pelampiasan egonya” ujar Putri, seorang member Tinder berusia 23 tahun.

5. Memiliki nilai-nilai yang sama dengan kita

Sebagai member Tinder berusia 21 tahun, Oli mengatakan bahwa bisa bersama dengan orang yang memiliki nilai yang sama dengannya akan membuat kita bisa saling berbagi impian dan aspirasi.

“Kita jadi bisa saling mendukung satu sama lain,” ujar Oli.

Baca: Terkenal Indah, Ini Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Memegang nilai-nilai yang sama dengan pasangan memberikan kesempatan bagi anda dan pasangan untuk tumbuh dalam hubungan yang sehat, dan membangun pondasi yang kuat menuju jenjang yang lebih serius.

Kalau sudah memiliki nilai yang sama, maka sejumlah perbedaan seperti minat, hobi, sampai hal personal lainnya bisa saling beriringan, karena, ikatan yang kuat lebih penting dari apapun. (rr)