Terkenal Indah, Ini Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

29
Pulau Merah Banyuwangi
Pulau Merah jadi salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi. (Sumber: wisatainfo)

Jakarta, SirOnline.id – Mengunjungi tempat baru menjadi salah satu kegiatan menyenangkan bagi banyak orang. Sebagian orang menganggap berwisata merupakan perkara yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan diantara mereka ada yang menyediakan waktu khusus untuk berwisata sembari melepas penat.

Indonesia dengan segala rupa keindahannya memiliki ragam wisata. Salah satu daerah yang menyediakan wisata alam adalah Kabupaten Banyuwangi. Terletak di ujung Pulau Jawa, Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur. Melansir Tempo, (1/10), berikut beberapa wisata khas Bayuwangi yang dapat dikunjungi.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan fenomena alam yang diakibatkan oleh sublimasi gas belerang yang mencapai suhu 200 derajat. Sublimasi tersebut memunculkan blue fire yang tercatat hanya ada dua di dunia. Terletak di Gunung Ijen, perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, pengunjung dapat menyaksikan fenomena ini pada malam hari hingga dini hari sebelum matahari terbit.

2. Air Terjun Kalibendo

Berjarak tempuh sekitar 60 menit dari pusat kota, objek wisata air terjun Kalibendo terletak di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Kecamatann Glagah, Kabupaten Banyuwangi.Air terjun ini berada di wilayah utara Banyuwangi, berada satu jalur dengan objek wisata Kawah Ijen.

3. Pulau Merah

Pulau Merah atau Red Island merupakan pantai yang dikenal karena sebuah bukit hijau kecil yang menjorok ke arah tengah laut yang diselimuti tanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Pulau Merah berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Selain dapat menikmati sunset, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas surfing di sana. (un)