Sabtu, 10 Desember 2022 | 11:40 WIB
More

    The Straits Times: Jokowi Pertimbangkan Dukung Prabowo di Pilpres 2024

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Media asal Singapura The Straits Times menerbitkan artikel berjudul “Jokowi to decide presidential hopeful he’ll endorse, has no plans to run for V-P in 2024: Sources”, Sabtu (17/9).

    Salah satu sumber yang menolak disebutkan namanya telah memberi keterangan kepada media tersebut bahwa Presiden Indonesia Joko Widodo akan memutuskan calon presiden yang akan ia dukung untuk pemilihan presiden 2024, dan tidak berencana untuk mencari posisi kembali di pemerintahan Indonesia yang akan datang.

    Dalam artikel itu juga disebutkan, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, termasuk salah satu yang dipertimbangkan serius oleh Jokowi untuk mendapatkan dukungannya.

    Tidak diketahui kapan Jokowi akan mengumumkan dukungannya untuk pasangan yang akan bertarung di Pilpres 2024 nanti.

    Menhan Prabowo mantan saingan pemilu yang menjadi sekutu politik Jokowi saat ini. Salah satu di antara tiga calon presiden paling populer saat ini.

    Saat ini, Partai Gerindra besutan Menhan Prabowo, memiliki 13,6 persen kursi parlemen, telah membentuk koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang memiliki 10,1 persen kursi, sehingga mereka memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

    Baca: Survei Polstat: Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Prabowo Menang

    Undang-undang pemilu, mengatakan minimal 20 persen kursi Parlemen diperlukan untuk setiap partai politik atau koalisi untuk mengamankan tiket untuk calon presiden dan wakil presiden. Ambang batas alternatif adalah bahwa partai atau partai mengumpulkan 25 persen suara dalam pemilihan sebelumnya.

    Indonesia akan mengadakan pemilihan umum lima tahunan pada 14 Februari 2024. Pendaftaran calon presiden dan wakil presiden akan dibuka tahun depan antara 19 Oktober dan 25 November. (gin)

    BERITA TERBARU

    Kalya Mahiya Ingin Budaya Indonesia Semakin Dicintai

    Jakarta, SirOnline.id - Semua orang menginginkan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Namun, tak banyak orang mau mengusahakan untuk...

    POPULER

    Kisah Para Bangsawan di Bukit Siguntang

    Long Beach, Pantai Pasir Pink yang Memesona

    Galeri Street Art Mural, Ikon Baru Wisata Solo

    BERITA PILIHAN