Survei Voxpopuli: Elektabilitas Prabowo Terus Meningkat

20
Prabowo Subianto - Rapimnas Gerindra
Prabowo Subianto. (SirOnline/Dumaz Artadi)

Jakarta, SirOnline.id – Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terus meningkat sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Melansir okezone, Rabu (14/9), hasil survei yang dilakukan Voxpopuli Research Center menunjukkan Prabowo Subianto masih memuncaki elektabilitas dalam bursa capres dengan tren yang terus mengalami kenaikan.

“Elektabilitas Prabowo sebesar 21,3 persen pada Juni 2022 menjadi 22,1 persen pada September 2022,” ujar Peneliti Senior Voxpopuli Research Center, Prijo Wasono.

Setelah nama Prabowo, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang elektabilitasnya cenderung stabil dalam kurun setahun dengan angka 21 persen.

Prijo mengatakan, hingga saat ini baru Partai Gerindra yang berkoalisi dengan PKB secara nyata mendukung Menteri Pertahanan RI tersebut untuk kembali maju menjadi capres. Sementara partai lain yakni Golkar, PAN, dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum memunculkan nama-nama capres.

Baca: Prabowo Subianto Bawa Efek Ekor Jas pada Gerinda

Survei yang dilakukan Voxpopuli Research Center berlangsung pada 1-7 September 2022. Kegiatan tersebut melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak dan mewakili seluruh Provinsi di Indonesia. (un)