Perkuat Sistem Keamanan Rakyat, Menhan Bakal Bagikan Motor pada Seluruh Babinsa

47
Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo Bakal Bagikan Motor pada Seluruh Babinsa
Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo saat penyerahan pertama sebanyak 40 unit kendaraan ke Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Rabu (14/9). (Sumber: Setpres/Lukas)

Jakarta, SirOnline.id – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto berjanji akan memberikan kendaraan bermotor kepada seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Tanah Air.

Pemberian itu ditandai dengan penyerahan pertama sebanyak 40 unit kendaraan ke Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Rabu (14/9).

“Ini baru saja awal karena nanti seluruh Babinsa akan kami kasih motor,” kata Prabowo dikutip dari fraksigerindra.id, Kamis (15/9).

Prabowo mengungkap, motor yang nanti akan dibagikan rencananya akan dibuat oleh perusahaan dalam negeri, yakni PT. Pindad dan PT. Len Industri, di mana keduanya kini berada di bawah holding industri pertahanan bernama Defend ID.

Prabowo mengatakan, penyerahan kendaraan bermotor tersebut merupakan bagian dari arahan Presiden Joko Widodo untuk menyusun rencana pertahanan jangka panjang.

Baca: Menhan Perjuangkan Tambahan hingga 500 Batalyon Komcad

Ia pun menegaskan komitmen pelibatan seluruh komponen pertahanan Tanah Air dilakukan sesuai amanat presiden dalam rangka menjaga kekayaan dan keragaman milik negara.

“Jadi semua Babinsa, Koramil, Kodim, Korem, dan Kodam akan kita berdayakan. Jadi itu dalam rencana besar kita, bagian dari pertahanan negara yang sistemnya adalah hankamrata (pertahanan keamanan rakyat semesta),” ujar Prabowo. (un)