Prabowo Subianto Bawa Efek Ekor Jas pada Gerinda

15
2022-08-12_ Jawaban KDP_Ketum dari hasil Rapimnas Gerindra 2022_Prabowo Subianto_HAM
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto saat menyatakan kesiapannya maju dalam pilpres 2024. (SirOnline/Tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline.id – Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Gema Nusantara Bakry menyebut Partai Gerindra telah memiliki efek ekor jas atau coat tail effect. Efek ini menurut Gema, muncul setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan kesiapannya menjadi calon presiden di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Efek ekor jas dapat dimaknai sebagai pengaruh figur dalam meningkatkan suara partai di pemilu. Figur tersebut bisa berasal dari capres ataupun cawapres yang diusung.

“Efek ekor jas saat ini sudah terjadi pada partai Gerindra, karena tinggi rendahnya elektabilitas Partai Gerindra itu diasosiasikan dengan elektabilitas Prabowo sebagai calon presiden,” kata Gema, dikutip dari website resmi Partai Gerindra, Rabu (7/9).

Baca: Perkuat Koalisi, Gerindra-PKB Segera Resmikan Sekber

Partai Gerindra sudah bulat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Kebulatan itu disuarakan dalam rapat pimpinan nasional partai yang digelar di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Berdasar suara dari para kader, Menteri Pertahanan RI tersebut bersedia kembali berlaga dalam pesta politik yang akan digelar dua tahun mendatang. (un)