Penjual Es di Madiun Ditangkap Diduga Hacker Bjorka

30
bjorka hacker
Hacker Bjorka. (SirOnline/Ronald)

Jakarta, SirOnline.id – Seorang pemuda yang sehari-hari berjualan es di Madiun ditangkap dan diamankan di Polres Madiun, Rabu (14/9) malam. Pria tersebut diduga adalah sosok hacker Bjorka yang selama ini meretas sejumlah akun pemerintah.

Dilansir dari Tribunnews, Kamis, (15/9) pemuda itu berinisial MAH dan berusia 21 tahun. Ia merupakan warga Dusun Mawatsari, Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo pun membenarkan ada penangkapan seseorang yang diduga sebagai sosok Bjorka di Madiun.

Meski demikian pihaknya belum bisa memastikan apakah pemuda yang diamankan tersebut benar sosok Bjorka. Dedi menuturkan, seseorang di Madiun yang diamankan itu kini tengah diperiksa tim khusus (Timsus).

Adapun timsus tersebut merupakan gabungan dari Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), Kemenkominfo dan Polri.

“Yang di Jawa Timur yang saat ini sedang didalami oleh Timsus. Satu orang saja yang masih didalami,” kata Dedi.

“Belum disimpulkan (Bjorka) seperti itu. Karena masih didalami Timsus (Tim Khusus). Saya tidak berkompeten menjelasakan sebelum Timsus nanti telah selesai bekerja,” lanjutnya.

Sehari sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengklaim pemerintah telah mengantongi identitas dari peretas Bjorka.

Baca: Pemerintah Arab Saudi Izinkan Perempuan Miliki Senjata

Tak hanya mengantongi identitas, Mahfud juga mengklaim pemerintah telah mengetahui keberadaan Bjorka. Meski demikian, Mahfud mengatakan identitas hacker tersebut belum bisa diungkap ke publik.

“Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” kata Mahfud. (rr)