Politikus Gerindra Ingatkan Sandiaga Uno soal Etika Politik

9
Sufmi Dasco Ahmad
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (SirOnline/Muhammad Hidayat)

Jakarta, SirOnline.id – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan para kader Partai Gerindra untuk memahami etika politik terkait bakal calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Dasco sebagai respons atas pernyataan kesiapan salah satu kader Gerindra, Sandiaga Uno untuk menjadi capres. Kendati tak melarang, menurutnya Sandiaga harusnya memahami aturan yang ada.

“Kami tidak bisa melarang, kalau hak politik seseorang mau maju, tapi kemudian ada aturan dan etika-etikanya yang mesti dipenuhi,” kata Dasco, dikutip dari Antara, Jumat (2/9).

Ia memaparkan, pencapresan merupakan hak yang dilindungi dan hak yang diberikan oleh konstitusi sepanjang memenuhi persyaratan sesuai Undang-Undang Pemilu.

Kendati demikian, Dasco menyebut Sandiaga Uno sebagai sosok yang aktif berpolitik tentu tahu batas politik yang harus diperhatikan.

Baca: Muzani: Partai Gerindra Tidak Menolerir Segala Bentuk Kekerasan

Selain itu, tentang langkah Sandiaga Uno melakukan penjajakan dengan partai lain, Dasco mengatakan hal itu merupakan langkah yang maksud dan tujuannya hanya diketahui Sandiaga. Ia mengungkap, di Partai Gerindra hanya Ketua Umum Prabowo Subianto satu-satunya capres yang diusung.

“Jelas, kalau di Gerindra, calon presiden adalah Prabowo Subianto,” pungkas dia. (un)