Kominfo Blokir Sejumlah Situs Distribusi Game Steam Populer, Ini Daftarnya

12
game
Ilustrasi game steam poker di blokir kominfo. (Sumber: Viva)

Jakarta, SirOnline.id – Sejumlah situs game online populer kini tidak bisa diakses dari Indonesia mulai Sabtu pagi, 30 Juli 2022.

Tiga situs yang paling banyak dilaporkan tak bisa diakses adalah platform distribusi game Steam dan Epic Games Store, serta PayPal.

Laporan di situs Down Detector juga mencatat adanya permasalahan saat mengakses platform distribusi game milik Valve dan Epic Games tersebut.

Berdasarkan penelurusan Steam, Epic Games, dan PayPal, memang tidak bisa diakses.

Namun, saat mencoba mengaksesnya menggunakan VPN, situs Steam dan Epic Games masih bisa terbuka. Namun, situs Origin milik EA pun juga tak bisa diakses.

Kabarnya, pemblokiran situs-situs tersebut dikarenakan pemblokiran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), yang sempat menyatakan, pihaknya bakal memblokir sejumlah platform yang tidak melakukan registrasi.

Seperti diketahui, Kominfo sebelumnya meminta agar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang beroperasi di Indonesia, untuk melakukan pendaftaran Kominfo.

Dalam pernyataan resmi pada Jumat (29/7) kemarin, Kominfo menyebut sejumlah layanan penyedia platform sudah menerima surat peringatan, tapi belum melakukan pendaftaran hingga batas terakhir pada Jumat, 29 Juli 2022 pukul 23:59 WIB.

Platform atau PSE ini merupakan penyedia layanan dalam daftar 100 trafik terbesar yang sudah diumumkan Kemkominfo pada pekan lalu.

Direktur Jenderal Aptika Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan menyebutkan, pihaknya telah mengirimkan surat peringatan pada platform-platfom tersebut.

Bersama surat peringatan tersebut, Kominfo memberikan tenggat waktu lima hari kerja bagi platform memberikan tanggapan.

Apabila dalam lima hari kerja setelah surat dikirimkan dan tidak ada respons, Kemkominfo akan mulai melakukan pemblokiran.

Semuel kini mengungkap daftar layanan berpotensi diblokir, apabila masih belum mengurus pendaftaran hingga batas yang ditentukan.

“Nah, dari 12 yang kemarin yang sudah disurati, ada 10 yang masih kami menunggu dan dua sudah mendaftar,” tuturnya dalam konferensi pers Kominfo, dilansri dari liputan6, Sabtu (30/7).

Adapun daftar layanan yang berpotensi diblokir apabila belum melakukan pendaftaran hingga tengah malam nanti, berikut ini daftar lengkapnya :

Amazon (eCommerce)
PayPal
Yahoo Search Engine
Bing Search Engine
Epic Games
Steam
Dota
Counter Strike GO
Battle.net
Origin (EA)

“Kalau yang belum mendaftar sampai 23.59, saya sekali lagi meminta maaf pada masyarakat untuk layanan ini sampai mereka melengkapi pendaftaran, tidak bisa diakses dari indonesia,” kata dia.

Semuel menuturkan, pemblokiran akan dimulai setelahnya dan proses tersebut dilakukan oleh mesin, bukan manusia.

Kendati demikian, mengingat masih ada waktu hingga tengah malam, ada kemungkinan terjadi perubahan hingga batas waktu tersebut.

Ia juga memastikan, apabila penyedia platform sudah mengajukan dan melakukan pendaftaran, Kemkominfo akan melakukan normalisasi dan bisa digunakan kembali di Indonesia.

Baca: Benarkah Tsunami 10 M Akan Terjang Pantai Cilacap? Ini Penjelasan BMKG

Sementara untuk dua layanan lain, seperti LinkedIn dan Alibaba yang sebelumnya sudah mendapatkan surat peringatan, Semuel menyatakan keduanya telah melakukan pendaftaran.

Selain dua platform tersebut, PSE lain yang sebelumnya sempat mendapatkan surat peringatan, dan telah melakukan pendaftaran adalah Opera serta Roblox.

Berdasarkan data hingga hari Jumat kemarin, ada 8.962 PSE yang terdaftar di Kominfo dan terdiri dari 8.680 domestik dan 282 asing. (irv)