Kamis, 18 Agustus 2022 | 00:03 WIB
More

    Tiket Komodo Bayar Rp15 Juta untuk Empat Orang, Ini Cara Daftarnya

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Mulai hari Senin, (1/8) mendatang pemberlakuan kuota kunjungan dan biaya konservasi bagi pengunjung Pulau Komodo, Pulau Padar dan Kawasan Perairan sekitarnya, resmi berlaku.

    Adapun upaya pembatasan jumlah wisatawan serta pembayaran biaya kontribusi konservasi akan diterapkan melalui pendaftaran satu pintu secara online lewat aplikasi INISA.

    Nantinya wisatawan harus membayar secara kolektif sebesar Rp 15 juta per empat orang, sebagai kompensasi atas hilangnya nilai jasa ekosistem akibat kunjungan ke kawasan konservasi ini. Sedangkan bagi pengunjung yang tidak bisa datang berempat, biaya kontribusi bisa dipesan oleh individu melalui pemesanan paket wisata lewat tur operator.

    “Untuk yang tidak berempat, bisa daftar lewat travel agent. Jadi pembayaran biaya kontribusi sepaket dengan pemesanan paket wisata,” kata Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi TN Komodo Carolina Noge dikutip dari Kompas, Sabtu, (30/7).

    Lalu bagaimanakah cara reservasi wisata Pulau Komodo lewat INISA?

    Masih dilansir dari Kompas, wisatawan harus melewati sejumlah langkah yaitu.

    Pertama, wisatawan harus mengunduh dan membuka aplikasi INISA dan lakukan verifikasi menggunakan kode OTP, setelah itu wisatawan harus mengisi data diri dan lakukan verifikasi akun melalui email.

    Kedua, setelah verifikasi, klik menu “Wildlife Komodo” untuk mengunjungi TN Komodo dan Klik menu “Register to Contribute” untuk memberikan kontribusi konservasi.

    Ketiga, lalu pilih “Contributor Package” dan klik “Self Contribution” masukkan identitas diri, teman, atau keluarga yang turut berkontribusi. Kemudian lakukan pembayaran dengan metode pilihanmu.

    Keempat, INISA akan mengirim kode aktivasi kontributor. Selanjutnya klik menu “Reservasi” untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan kunjunganmu.

    Kelima, klik menu “Lounge” untuk pesan berbagai layanan, menu “Shuttle” untuk memesan transportasi dan menu “Activity” untuk aktivitas selama kunjungan.

    dan terakhir cek kembali reservasi dan rencana perjalananmu di menu “My Itinerary” Reservasi berhasil, klik “Open” untuk membuka QR code.

    Dengan QR code, wisatawan akan bisa mengakses semua fasilitas dan kegiatan selama perjalananmu di TN Komodo. Setelah berkontribusi, wisatawan juga akan mendapatkan akses ke Pulau Padar, Pulau Komodo, dan kawasan perairan sekitarnya, selama satu tahun.

    Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai fasilitas eksklusif, termasuk pelayanan di bandara, transportasi dari bandara ke hotel, transportasi dari hotel ke pelabuhan, asuransi jiwa dan kecelakaan bagi para kontributor, serta panduan wisata konservasi hingga suvenir yang merupakan hasil UMKM setempat.

    Lantas, bagaimana jika wisatawan sudah sampai Pulau Komodo namun belum reservasi?

    Wisatawan yang sudah sampai lokasi Pulau Komodo, Pulau Padar, dan perairan sekitarnya hanya bisa masuk setelah scan QR Code dari aplikasi INISA.

    “Namun jika wisatawan hanya di Labuan Bajo, tidak perlu membayar (biaya konservasi),” tutur Carolina masih dikutip dari Kompas. (rr)

    BERITA TERBARU

    Turnamen Bolavoli Antarperusahaan/Instansi : SNJ Petik Kemenangan

    Jakarta,SIROnline-Tim putri Suri Nusantara Jaya (SNJ) memetik kemenangan pertama pada hari pertama Turnamen Kemerdekaan Bolavoli Antarperusahaan/Instansi Piala Gubernur DKI...

    POPULER

    BERITA PILIHAN