Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:22 WIB
More

    Percepat Program Ketahanan Pangan, Prajurit TNI Manfaatkan Bantaran Sungai Citarum

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Karawang, SirOnline.id – Prajurit Kodam III Siliwangi yang tergabung dalam Satgas Citarum Harum Sektor 18, wujudkan program ketahanan pangan tanam jagung.

    Lahan jagung tersebut berlokasi di  Area Dempot Sub 4/Anggadita Citarum Harum Sektor 18, RT 06,RW 03, Dusun Sukajaya, Desa Anggadita, Kecamatan Klari, Karawang.

    Dansubsektor 4/Anggadita Serka Made mengatakan, lahan tanam jagung kini memasuki masa pemupukan, agar tanaman jagung menjadi subur.

    “Guna mendukung Ketahanan pangan, agar tanaman jagung subur, hari ini kami memupuk lahan jagung yang berumur hampir satu minggu, kalau kita lihat jagung daunnya sudah mulai menguning dan waktunya harus dipupuk,” kata Serka Made, Rabu (26/7).

    Para prajurti TNI tersebut memanfaatkan lahan-lahan kosong disekitar bantaran sungai citarum, jika sudah panen hasilnya akan digunakan untuk membantu mengurangi kebutuhan pangan masyarakat sekitar.

    “Kita memakai pupuk urea kurang lebih sekitar lima kilogram, namun sebelum penanaman jagung, lahan ini kita lakukan penyemprotan bios 44 untuk meningkatkan PH tanahnya agar lebih subur,” kata dia.

    Ia mengaku, kegiatan serupa kerap dilakukan personel TNI di Satgas Citarum Harum, bahkan, pihaknya juga melibatkan masyarakat sekitar dalam rangka pemberdayaan.

    Baca: Menhan Prabowo Apresiasi Kodam II/Sriwijaya Menyiapkan Cadangan Logistik Pangan

    Selain di lokasi tersebut, Serka Made menuturkan, pihaknya juga melakukan pembersihan di area lahan kosong lain di bantaran sungai Citarum.

    “Untuk di area lainnya tetap kita lakukan pembabatan, pembersihan, pemagaran, hingga pembuatan saung untuk pembibitan. Jadi semua mendapat tugas masing-masing, dan kami juga dibantu sama masyarakat,” pungkasnya. (irv)

    BERITA TERBARU

    Cak Imin: Gerindra adalah Kekuatan Merah Putih yang Jadi Harapan Bangsa

    Sentul, SirOnline.id - Ketua umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut Partai Gerakan Indonesia...

    POPULER

    BERITA PILIHAN