Kamis, 8 Desember 2022 | 09:54 WIB
More

    Bagaimana Kesiapan Indonesia Hadapi Cacar Monyet? Ini Kata Kemenkes

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi menetapkan penyakit cacar monyet (monkeypox) sebagai darurat kesehatan gobal, Sabtu (23/7)

    Dilansir dari Kompas, Senin, (25/7) Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan keputusan ini dibuat setelah melihat cacar monyet menyebar di lebih dari 70 negara.

    Lalu bagaimanakah kesiapan Indonesia mengahadapi cacar monyet?

    Masih dilansir dari Kompas, Plt Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Endang Budi Hastuti menyampaikan, hingga kini, kasus cacar monyet belum terdeteksi di Indonesia.

    “Belum ada (kasus cacar monyet yang terdeteksi di Indonesia),” ujar Endang.

    Meski demikian, menyikapi status darurat kesehatan global yang melekat pada wabah cacar monyet, pemerintah akan melakukan sejumlah antisipasi yaitu pertama, meningkatkan kewaspadaan publik melalui media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), serta pers rilis secara berkala melalui kanal resmi Kemenkes.

    Kedua, melalui Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Nomor HK.02.02/C/2752/2022, untuk meningkatkan kewaspadaan terkait cacar monyet di lingkup pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

    Kewaspadaan ini, terutama bagi KKP guna mencegah masuknya cacar monyet ke wilayah Indonesia.

    “Surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan baik di wilayah dan KKP, termasuk untuk Dinkes (Dinas Kesehatan), rumah sakit, dan sebagainya,” tutur Endang.

    Ketiga, Kemenkes juga akan melakukan sosialisasi pedoman pencegahan dan pengendalian cacar monyet sesuai perkembangan situasi dari WHO.

    Baca: Tanpa Konsensus Anggota Komite, WHO Deklarasikan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global

    Adapun, pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit monkeypox terbaru tertanggal 30 Mei 2022, dapat disimak di sini.

    Sementara itu, salah satu upaya yang tak kalah penting dilakukan pemerintah dalam rangka menghadapi wabah cacar monyet, yakni menyiapkan kapasitas laboratorium pemeriksaan dan rujukan.

    “Penyiapan kapasitas lab pemeriksaan dan rujukan,” ujar Endang. (rr)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN