Senin, 8 Agustus 2022 | 09:12 WIB
More

    Survei Kompas: 48,3 Persen Suara untuk Gerindra Berasal dari Prabowo Subianto

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Ketokohan Prabowo Subianto, masih menjadi alasan banyaknya suara yang diraih Partai Gerindra.

    Peneliti Litbang Kompas, Eren Masyukrilla menuturkan, hal itu terungkap berdasarkan survei Litbang Kompas pada Juni 2022 lalu, di mana 48,3 persen responden memilih Gerindra karena tokoh yang berpengaruh di dalamnya (Prabowo Subianto).

    “Besaran proporsi ini jauh di atas alasan lain yang diungkap responden survei,” kata Eren dilansir dari Kompas, Jumat (22/7).

    Dalam posisi berikutnya, para responden memilih Gerindra karena melihat visi misi partai dengan angka 18,5 persen.

    “Alasan lain mulai dari program kerja sampai ideologi partai diungkap oleh sebagian kecil responden,” kata dia.

    Secara rinci, Eren mengungkapkan, mereka yang memilih Gerindra karena popularitas (1,3 persen), ideologi (3,3 persen), kinerja partaiĀ  (11,3 persen), serta adil sejahtera atau nyaman tentram (13,9 persen).

    Berdasarkan survei yang sama, ketokohan Prabowo sebagai ketum partai berlambang kepala garuda ini juga turut menjadi simpul kekuatan basis dukungan partai.

    Para pemilih Gerindra yang akan memilih Prabowo apabila kembali mencalonkan diri pada saat Pilpres 2024 mendatang, juga tinggi, yakni mencapai 64 persen.

    “Modal loyalitas pada partai itu pun tak jauh berbeda dengan proporsi pemilih Gerindra, yang pada Pemilu 2024 menyatakan akan memilih Prabowo sebagai presiden, yaitu tak kurang dari 64 persen,” jelas Eren.

    Baca: Survei SSI: Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar di Posisi Teratas

    Survei periodik ini dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh Litbang Kompas pada 26 Mei-4 Juni 2022.

    Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia.

    Metode ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen, margin of eror penelitian lebih kurang 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. (irv)

    BERITA TERBARU

    Indonesia Incar Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

    Jakarta, SirOnline.id - Indonesia mengincar status tuan rumah Olimpiade 2036. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkap, keinginan...

    POPULER

    BERITA PILIHAN