Sempat Dirawat, Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal

11
Shinzo Abe
Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. (Sumber: instagram/shinzoabe)

Jakarta, SirOnline.id – Eks Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dikabarkan meninggal dunia setelah ditembak saat menyampaikan pidato singkat di sebuah acara di wilayah Nara menjelang pemilihan majelis tinggi, Minggu (10/7).

“Menurut seorang pejabat senior LDP (Partai Demokrat Liberal), Abe sempat dilarikan ke rumah sakit di kota Kashihara, wilayah Nara, di mana dia menerima perawatan medis. Di sana Abe meninggal,” tulis media lokal NHK seperti dikutip detik, Sabtu, (8/7).

Mantan PM Jepang Shinzo Abe mengalami luka dan pendarahan di sisi kanan lehernya, pendarahan subkutan di dada kirinya, dan dalam keadaan cardiopulmonary arrest (henti jantung).

Menurut seorang reporter NHK yang mewawancarai lokasi tersebut, pada saat itu, terdengar suara seperti tembakan dua kali, dan mantan PM Jepang Shinzo Abe berdarah dan pingsan.

Baca: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Orang Tak Dikenal

Polisi menangkap Tetsuya Yamagami (41), yang tinggal di Kota Nara dan memiliki pekerjaan yang tidak diketahui, dan menangkapnya atas dugaan percobaan pembunuhan. Pistol yang disita tampaknya merupakan senjata buatan tangan.

Shinzo Abe menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang selama 4 periode. Periode pertamanya adalah sejak 26 September 2006 hingga 26 September 2007. Sebelumnya, ia adalah Kepala Sekretaris Kabinet Jepang dari Perdana Menteri Junichiro Koizumi. (rr)