Kamis, 8 Desember 2022 | 10:40 WIB
More

    Beli BBM di SPBU Pakai Aplikasi MyPertamina, Awas Banyak Aplikasi Versi Mod!

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Munculnya kebijakan baru terkait pembelian bahan bakar mesin (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dengan menggunakan aplikasi MyPertamina, ternyata banyak dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab, seperti membuat aplikasi palsu.

    Pertamina saat ini memperketat syarat untuk membeli BBM jenis Pertalite dan Solar yang disubsidi agar tepat sasaran, salah satunya melalui aplikasi MyPertamina.

    Dengan adanya kebijakan tersebut, kini beredar aplikasi MyPertamina palsu versi mod, yang bermunuculan di internet.

    Apa Itu Mod

    Mod merupakan singkatan dari modification yang artinya modifikasi, di sini modifikasi yang dimaksud adalah mengubah atau mengedit struktur data dari APK.

    Struktur modifikasi yang diubah berupa penghapusan dan penambahan aset file sistem yang mana hal ini dilakukan oleh pihak ketiga dari developer asli dengan tujuan tertentu.

    Misalnya mengubah sistem tampilan suatu aplikasi agar lebih mudah digunakan, mempercepat sebuah proses sistem yang sedang berjalan, menghilangkan bagian-bagian tertentu dari aplikasi tersebut yang sekiranya mengganggu.

    Pertamina sendiri telah mengumumkan melalui akun Facebook MyPertamina yang menegaskan bahwa, aplikasi MyPertamina resmi hanya bisa diunduh dan diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

    Baca: Banyak Tahanan WNI Meninggal, Kemlu Minta Malaysia Perbaiki Kondisi Penjara

    “Aplikasi MyPertamina yang RESMI hanya bisa kamu download dan install dari GOOGLE PLAY STORE dan APP STORE. Selain dari itu, dapat dipastikan kalau itu aplikasi TIDAK RESMI ya. Jangan sampai salah ya sob!” tulis akun tersebut.

    Aplikasi MyPertamina yang berasal dari sumber tak resmi seperti APKBoat, juga menibulkan risiko bagi penggunanya. Risiko tersebut adalah kemungkinan aplikasi tersebut disusupi malware, spyware, adware, atau sejenisnya virus lain sejenisnya. (irv)

    BERITA TERBARU

    Kalya Mahiya Ingin Budaya Indonesia Semakin Dicintai

    Jakarta, SirOnline.id - Semua orang menginginkan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Namun, tak banyak orang mau mengusahakan untuk...

    POPULER

    BERITA PILIHAN