Klan Ferdinand Marcos Kembali Kuasai Filipina

30
Pelantikan Marcos Jr
Pelantikan Marcos Jr. (Sumber: Tribun/Ted ALJIBE/ AFP)

Jakarta, SirOnline.id – Klan Ferdinand Marcos kembali kuasai Filipina dengan dilantiknya putra mendiang sang diktator, Marcos Jr sebagai presiden, Kamis (30/6).

Mengutip Liputan6, polpularitas Marcos Jr didorong oleh media sosial yang agresif dan mampu menarik pemilih yang tidak cukup umur yang tidak menyaksikan kediktatoran Ferdinand.

Meskipun banyak kritikus melontarkan tuduhan bahwa kampanye yang meramaikan jagat media itu penuh dengan informasi salah dan mengaburkan kekejaman yang dilakukan ayahnya, Marcos Jr menampik hal tersebut.

Jika melihat kembali era Ferdinand, BBC menyebut pemerintahannya berakhir dengan penggulingan setelah pemberontakan rakyat pada 1986. Ketika itu pemberontakan massal menyebabkan jutaan orang turun ke jalan dan keluarga Marcos melarikan diri ke Hawaii. Marcos Jr yang dalam pelarian itu berusia 28 tahun, kembali ke Filipina pada tahun 1991.

Baca: Rusia Curiga Negara Barat Politisasi Pertemuan Para Menkes G20 di Yogyakarta

Dilantiknya Marcos Jr sebagai presiden dan keturunan klan Duterte, Sara Duterte sebagai wakil merupakan langkah yang disebut menggabungkan dua kubu dinasti politik. Mereka memenangkan pemilu bulan lalu.

Marcos Jr dilantik di Museum Nasional, tengah hari waktu setempat. Diapit oleh istri dan tiga putranya, Marcos Jr melambai dan tersenyum sambil mengamati parade yang disuguhkan personel berseragam Filipina. (un)