HUT DKI ke-495, Pemprov Gratiskan Transportasi Umum dan Masuk Museum

13
Transjakarta
Peringati HUT ke-495, Pemprov DKI gratiskan warga naik transportasi umum dan kunjungi sejumlah museum di DKI Jakarta. (Sumber: Bisnis)

Jakarta, SirOnline.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495 yang jatuh pada hari ini, Rabu (22/6), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan layanan gratis bagi pengguna transportasi umum hingga tiket masuk ke sejumlah museum di Jakarta.

Melansir CNN Indonesia, layanan gratis itu akan diberlakukan di 11 museum di bawah pengelolaan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Tekstil. Kemudian, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeogi Onrust, Museum Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

Untuk layanan transportasi umum, siapapun dapat menikmati layanan Transjakarta, LRT, dan MRT secara cuma-cuma khusus hari ini. Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0076 Tahun 2022 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta dalam Rangka HUT DKI Jakarta ke-495.

“Menugaskan kepada PT Transportasi Jakarta, PT MRT Jakarta, dan PT LRT Jakarta untuk menyelenggarakan layanan transportasi umum massal pada 22 Juni dari pukul 00.00 sampai 23.59 WIB dengan ketentuan tarif, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta Rp0,” bunyi aturan yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, Selasa (21/6).

Baca: Tegas! KAI Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual untuk Naik Kereta Api

Tak hanya itu, tarif nol rupiah juga berlaku untuk layanan mikrotrans, layanan rusun, bus wisata, Transjakarta cares, dan penugasan transportasi Jakarta lain sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Untuk menutup seluruh biaya pelaksanaan tarif layanan gratis bagi penumpang transportasi umum selama HUT DKI Jakarta ke-495, nantinya Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan menggunakan mekanisme pembiayaan subsidi. (un)