More

    Elektabilitas Prabowo Memuncaki Survei LSJ

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memuncaki tangga survei yang dirilis Lembaga Survei Jakarta menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2024. Survei yang melibatkan 1.450 responden itu dilakukan dalam kurun waktu dua pekan, terhitung sejak 28 Mei hingga 6 Juni 2022.

    Prabowo Subianto menempati urutan teratas dengan porsi suara 29.4%, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 22,2% pada posisi kedua, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 17,4% di posisi ketiga.

    Sosok lainnya yang memiliki elektabilias di bawah 10% adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 6,5%, dilanjutkan Menteri Parekfraf Sandiaga Uno dengan 4,6%.

    Setelah itu, ada nama Basuki Tjahaja Puranama dengan angka 3,6%, yang disusul oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang harus puas dengan 3,4%. Tak ketinggalan, pentolan partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono mendapat 3,2%.

    Nama Dedi Mulyadi juga meramaikan hasil survei dengan meraih suara 3%, disusul Moeldoko dengan 2,8%, dan Muhaimin Iskandar 1,1%.

    “Berdasarkan simulasi 10 nama capres yang maju dalam Pilprs 2024, Prabowo Subianto berada di posisi teratas diikuti Ganjar dan Anies,” kata peneliti senior LSJ, Fetra Ardianto, dikutip dari okezone, Jumat (17/6).

    Baca: Demokrat, PKB dan PKS Bakal Bentuk Koalisi Pilpres 2024

    Fetra menyebut, kerja nyata menjadi faktor utama tingginya elektabilitas Prabowo. Menurutnya, masyakarat cenderung menyukai figur yang fokus bekerja membangun negara.

    “Salah satu kinerja nyata dari Prabowo mengenai modernisasi alutsista, membangun diplomasi pertahanan. Membangun citra dan bekerja dipilih publik. Masyarakat suka figur yang bekerja,” ungkapnya. (un)

    BERITA TERBARU

    Menhan Prabowo Tegaskan Pentingnya Ketahanan Nasional

    Malang, SirOnline.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberikan kuliah umum bertajuk “Urgensi Ketahanan Nasional dalam Kepemimpinan Nasional”...

    POPULER

    BERITA PILIHAN